logo pa soasio

Portal Pengadilan Agama Soasio

Selamat datang di Website Resmi Pengadilan Agama Soasio, sebagai media informasi berbasis teknologi.
Portal Pengadilan Agama Soasio

Aplikasi Gugatan Mandiri

Pelayanan yang lebih mudah, cepat dan biaya ringan, Ditjen Badan Peradilan Agama menyediakan Layanan Pembuatan Gugatan / Permohonan secara mandiri.
Aplikasi Gugatan Mandiri

Aplikasi SIPP

Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), merupakan aplikasi administrasi dan penyediaan informasi perkara baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.
Aplikasi SIPP

SIWAS

Aplikasi yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI, untuk melaporkan suatu perbuatan berindikasi pelanggaran yang terjadi di lingkungan Mahkamah Agung Republik Indonesia atau Peradilan dibawahnya.
SIWAS

e-Court

e-Court adalah layanan bagi pengguna terdaftar untuk pendaftaran perkara secara Online. Mendapatkan taksiran panjar biaya perkara, pembayaran secara Online, dan pemanggilan yang dilakukan secara elektronik. e-Filling (Pendaftaran perkara Online di Pengadilan) e-Payment (Pembayaran panjar biaya perkara Online) e-Summons (Pemanggilan pihak secara Online)
e-Court

Perkara Prodeo

Prodeo sesuai dengan Peraturan Mahkamah Agung Republik Indonesia No. 1 Tahun 2014 tentang Pedoman Pemberian Layanan Hukum Bagi Masyarakat Tidak Mampu Di Pengadilan, adalah proses berperkara di pengadilan secara cuma-cuma dengan dibiayai negara melalui anggaran Mahkamah Agung RI.
Perkara Prodeo

SIPP Kemenpan RB

SIPP Merupakan media informasi elektronik satu pintu meliputi penyimpanan dan pengelolaan informasi serta mekanisme penyampaian informasi dari penyelenggara pelayanan publik kepada masyarakat
SIPP Kemenpan RB

Informasi COVID 19 Mahkamah Agung

Mahkamah Agung dan Badan Peradilan dibawahnya merupakan salah satu bagian yang terdampak oleh virus COVID-19 sehingga Mahkamah Agung menyediakan Website Sebaran COVID -19 di Lingkungan Peradilan yang berfungsi untuk melakukan monitoring terhadap kondisi seluruh aparatur pengadilan yang ada di satuan kerja baik PNS maupun Non PNS yang terdampak COVID-19
Informasi COVID 19 Mahkamah Agung

PTSP

Pelayanan Terpadu Satu PIntu (PTSP) adalah pelayanan secara terintegrasi dalam satu kesatuan proses dimulai dari tahap permohonan informasi, pengaduan, pendaftaran perkara, pembayaran dan pengembalian sisa panjar biaya perkara, hingga penyerahan/pengembalian produk pengadilan melalui satu pintu. PTSP sendiri ditujukan untuk mewujudkan proses peradilan yang sederhana, cepat dan biaya ringan, memberikan pelayanan administrasi yang bebas dari korupsi kepada pengguna layanan dan menjaga indepedensi dan imparsialitas aparat.
PTSP

11 Aplikasi Inovasi Badilag

Dalam rangka menunjang fasilitas pelayanan untuk para pencari keadilan, Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama mengeluarkan 11 Aplikasi Inovasi. Implementasi dari 11 aplikasi tersebut telah diterapkan oleh Pengadilan Agama Soasio.
11 Aplikasi Inovasi Badilag

Reformasi Birokrasi

Reformasi birokrasi merupakan upaya untuk melakukan pembaharuan dan perubahan mendasar terhadap sistem penyelenggaraan pemerintahan terutama menyangkut aspek-aspek kelembagaan (organisasi), ketatalaksanaan (business prosess) dan sumber daya manusia aparatur.
Reformasi Birokrasi

Budaya kerja 5S 5R

Pengadilan Agama Soasio telah membangun Budaya Kerja 5S dan 5R untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat
Budaya kerja 5S 5R

icon galeri

 

jdih

 

majalah

 

majalah

 

icon galeri

 

jdih

 

majalah

 

majalah

 

on . Hits: 54

Pelaksanaan Rapat Persiapan Assement Akreditasi Penjaminan Mutu Tahun 2022 Pada Pengadilan Agama Soasio

 WhatsApp Image 2022-06-16 at 09.22.38 (1).jpeg

Tidore – Kamis (16/06/2022) | Pengadilan Agama Soasio melaksanakan agenda rapat pembahasan akreditasi penjaminan mutu (APM) tahun 2022. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk persiapan awal PA Soasio sebelum dilaksanakannya assesment APM oleh assesor dari PTA Maluku Utara. hal ini mengingat PTA Maluku Utara telah mengeluarkan perintah kepada setiap satuan kerja se-wilayah PTA Maluku Utara untuk dapat melaksanakan 4 hal sesuai dengan surat dari Ketua PTA Maluku Utara nomor : W29-A/576/OT.00/6/2022 pada tanggal 13 Juni 2022 perihal Assesment internal APM tahun 2022. Empat hal yang diperintahkan tersebut terdiri dari :

  1. Melakukan pemutakhiran (updating) data terkait Akreditasi Penjaminan Mutu tahun 2022 sejak tanggal 15 s/d 30 Juni 2022;
  2. Melakukan assesment internal pada masing-masing satuan kerja pada awal Bulan Juli 2022;
  3. Melakukan input data dan hasil assesment internal pada aplikasi Penilaian Mandiri Akreditasi Penjaminan Mutu (PMPAPM) masing-masing satuan kerja paling lambat 15 Juli 2022;
  4. Melaporkan pelaksanaan kegiatan pada point 1 (satu), 2 (dua), 3 (tiga), kepada Ketua Pengadilan Tinggi Agama Maluku Utara dengan ditembuskan kepada Tim Assesor Pengadilan Tinggi Agama Maluku Utara paling lambat tanggal 18 Juli 2022.

WhatsApp Image 2022-06-16 at 09.22.36.jpeg

Pada pelaksananya rapat dimulai pada Pukul 10.00 WIT dengan diikuti secara tatap muka oleh 24 pegawai PA Soasio. Rapat dimulai dengan penyampaian susunan Tim APM PA Soasio tahun 2022 yang disampaikan oleh Wakil Ketua PA Soasio yang sekaligus menjabat sebagai Ketua Tim APM PA Soasio Tahun 2022, Ibu Muna Kabir, S.H.I. Sesuai dengan SK yang telah dibuat, Tim APM PA Soasio terbagi menjadi 2 bagian dengan adanya 7 koordinator yang akan bertanggung jawab dalam pemenuhan berkas pada setiap kriteria. Masing-masing pegawai akan melakukan pemenuhan berkas yang dibutuhkan pada assesment APM sesuai dengan tugas yang menjadi tanggung jawabnya sehari-hari.

WhatsApp Image 2022-06-16 at 09.22.39.jpeg

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan penyampaian kata pengantar oleh Ketua PA Soasio Bapak Dacep Burhanudin, S.Ag., M.H.I. Pada pengatar tersebut Ketua PA Soasio pertama-tama menyampaikan kembali makna adanya APM. APM ini merupakan pengakuan formal oleh Tim APM terhadap kesesuaian kualitas pelayanan dan kesesuaian dalam menjalankan tugas pada PA Soasio. Dalam menentukan kesesuaian ini nantinya akan ada 7 kriteria yang akan menjadi dasar dalam menilai hal tersebut. Sebagai hasil penilaian ini nantinya tiap satker akan mendapatkan pengakuan formal A excellent dengan bintang satu sampai dengan bintang lima. Hal tersebut seperti pada tahun kemarin dimana PA Soasio mendapatkan predikat A excellent bintang dua dengan predikat tertinggi diraih oleh PA Madiun yang memperoleh predikat A bintang lima.

WhatsApp Image 2022-06-16 at 09.22.34.jpeg

Dengan perolehan predikat tersebut Ketua PA Soasio kemudian mengajak kepada seluruh pegawai untuk dapat belajar dari kekurangan pada penilaian tahun kemarin. Hal ini khususnya pada bagian kesekretariatan nantinya dapat mensupport dalam hal administrasi ataupun dalam hal sarana prasarana. Sebagai contohnya dalam penilaian ruang sidang dan ruang PTSP pada penilaian APM pada tahun sebelumnya yang belum mendapatkan nilai sempurna. Adapun sebagai bentuk perbaikan tersebut Ketua PA Soasio meminta kepada bagian kesekretariatan untuk dapat memperbaiki penataan tiap ruangan khususnya terhadap dua ruangan tersebut terlebih setelah berpindahnya ruang PTSP ke tempat yang baru.

WhatsApp Image 2022-06-16 at 09.22.33.jpeg

Kedua berkaitan dengan sarana prasarana Ketua PA Soasio mengingatkan kembali berkaitan dengan masalah kebersihan. Ketua PA Soasio mengajak setiap pegawai untuk dapat menjaga kebersihan pada PA Soasio. Meskipun dalam hal sarana prasarana di PA Soasio terbatas dalam hal alokasi dana yang tersedia. Akan tetapi bagaimana sarana prasarana yang sudah ada dapat dipertahankan keindahannya, ketertibannya dan kebersihannya. ketiga berkaitan dengan dokumen yang ada pada PA Soasio. Ketua PA Soasio meminta Muhammad Miftahudin, S.H. selaku penanggung jawab penguploadan berkas pada penilaian ZI untuk dapat mengumpulkannya kembali. Pengumpulan tersebut sebagai persiapan dokumen mana yang nantinya akan dibutuhkan kembali pada penilaian APM tahun 2022. Disisi lain pengumpulan dokumen ini nantinya akan membantu tugas masing-masing koordinator dalam pemenuhan berkas pada aplikasi PMPAPM. Setelah adanya pengantar tersebut kegiatan dilanjutkan dengan tanggapan dari seluruh pegawai dalam persiapan APM tahun 2022. (MM)

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Soasio

Jl. Jenderal Ahmad Yani No. 10, Kelurahan Tomagoba, Kecamatan Tidore, Kota Tidore Kepulauan, Provinsi Maluku Utara

Tlp. 0921-3161025, Fax. 0921-3161141

Email : 

This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Instagram :

pa_soasio

Facebook : 

Pengadilan Agama Soasio

Tim IT Pengadilan Agama Soasio © 2021