logo pa soasio

Portal Pengadilan Agama Soasio

Selamat datang di Website Resmi Pengadilan Agama Soasio, sebagai media informasi berbasis teknologi.
Portal Pengadilan Agama Soasio

Aplikasi Gugatan Mandiri

Pelayanan yang lebih mudah, cepat dan biaya ringan, Ditjen Badan Peradilan Agama menyediakan Layanan Pembuatan Gugatan / Permohonan secara mandiri.
Aplikasi Gugatan Mandiri

Aplikasi SIPP

Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), merupakan aplikasi administrasi dan penyediaan informasi perkara baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.
Aplikasi SIPP

SIWAS

Aplikasi yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI, untuk melaporkan suatu perbuatan berindikasi pelanggaran yang terjadi di lingkungan Mahkamah Agung Republik Indonesia atau Peradilan dibawahnya.
SIWAS

e-Court

e-Court adalah layanan bagi pengguna terdaftar untuk pendaftaran perkara secara Online. Mendapatkan taksiran panjar biaya perkara, pembayaran secara Online, dan pemanggilan yang dilakukan secara elektronik. e-Filling (Pendaftaran perkara Online di Pengadilan) e-Payment (Pembayaran panjar biaya perkara Online) e-Summons (Pemanggilan pihak secara Online)
e-Court

Perkara Prodeo

Prodeo sesuai dengan Peraturan Mahkamah Agung Republik Indonesia No. 1 Tahun 2014 tentang Pedoman Pemberian Layanan Hukum Bagi Masyarakat Tidak Mampu Di Pengadilan, adalah proses berperkara di pengadilan secara cuma-cuma dengan dibiayai negara melalui anggaran Mahkamah Agung RI.
Perkara Prodeo

SIPP Kemenpan RB

SIPP Merupakan media informasi elektronik satu pintu meliputi penyimpanan dan pengelolaan informasi serta mekanisme penyampaian informasi dari penyelenggara pelayanan publik kepada masyarakat
SIPP Kemenpan RB

Informasi COVID 19 Mahkamah Agung

Mahkamah Agung dan Badan Peradilan dibawahnya merupakan salah satu bagian yang terdampak oleh virus COVID-19 sehingga Mahkamah Agung menyediakan Website Sebaran COVID -19 di Lingkungan Peradilan yang berfungsi untuk melakukan monitoring terhadap kondisi seluruh aparatur pengadilan yang ada di satuan kerja baik PNS maupun Non PNS yang terdampak COVID-19
Informasi COVID 19 Mahkamah Agung

PTSP

Pelayanan Terpadu Satu PIntu (PTSP) adalah pelayanan secara terintegrasi dalam satu kesatuan proses dimulai dari tahap permohonan informasi, pengaduan, pendaftaran perkara, pembayaran dan pengembalian sisa panjar biaya perkara, hingga penyerahan/pengembalian produk pengadilan melalui satu pintu. PTSP sendiri ditujukan untuk mewujudkan proses peradilan yang sederhana, cepat dan biaya ringan, memberikan pelayanan administrasi yang bebas dari korupsi kepada pengguna layanan dan menjaga indepedensi dan imparsialitas aparat.
PTSP

11 Aplikasi Inovasi Badilag

Dalam rangka menunjang fasilitas pelayanan untuk para pencari keadilan, Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama mengeluarkan 11 Aplikasi Inovasi. Implementasi dari 11 aplikasi tersebut telah diterapkan oleh Pengadilan Agama Soasio.
11 Aplikasi Inovasi Badilag

Reformasi Birokrasi

Reformasi birokrasi merupakan upaya untuk melakukan pembaharuan dan perubahan mendasar terhadap sistem penyelenggaraan pemerintahan terutama menyangkut aspek-aspek kelembagaan (organisasi), ketatalaksanaan (business prosess) dan sumber daya manusia aparatur.
Reformasi Birokrasi

Budaya kerja 5S 5R

Pengadilan Agama Soasio telah membangun Budaya Kerja 5S dan 5R untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat
Budaya kerja 5S 5R

icon galeri

 

jdih

 

majalah

 

majalah

 

icon galeri

 

jdih

 

majalah

 

majalah

 

on . Hits: 56

Rapat Koordinasi dan Evaluasi Bidang Kepaniteraan

WhatsApp Image 2022-08-04 at 11.15.32.jpeg

Tidore – Rabu (03/08/2022) | Pengadilan Agama Soasio melaksanakan rapat koordinasi dan Evaluasi Bidang Kepaniteraan. Rapat ini dilaksanakan atas dasar undangan nomor : W29-A2/833/HM.01/VIII/2022 tertanggal 2 Agustus 2022. Dalam undangan ini dijelaskan Rapat Koordinasi dan Evaluasi Bidang Kepaniteraan dilaksanakan sebagai bentuk tinjauan akan adanya surat perintah dari Dirjen Badilag nomor : 3459/Dja.3/HM.00/8/2022 perihal pengisian data dan dokumen elektronik pada SIPP yang terdiri dari 6 item. 6 item yang disebutkan terdiri dari NIK para pihak (identitas para pihak), Data identitas para saksi, Data hasil mediasi, Dokumen pelaksanaan relaas, Dokumen berita acara sidang, Data dan dokumen arsip perkara. Keenam hal tersebut akan dilihat sejauh mana PA Soasio telah melaksanakannya. Adapun juga rapat ini dilatar belakangi akan adanya tindak lanjut adanya 70 item temuan Hakim Tinggi PTA Maluku Utara dalam pelaksanaan eksaminasi berkas perkara pengadilan agama se-wilayah PTA Maluku Utara.

WhatsApp Image 2022-08-04 at 11.15.32 (1).jpeg

Pada pelaksanaanya rapat dilaksanakan pada Pukul 14.00 WIT pada Ruang Sidang PA Soasio dengan diikuti seluruh jajaran bagian kepaniteraan. Rapat dibuka oleh Panitera PA Soasio, Bapak Mursal Ayub, S.Ag.. Pada pembukanya Panitera PA Soasio menyampaikan pentingnya pelaksanaan rapat ini sebagai bentuk perbaikan pada Bidang Kepaniteraan sesuai dengan adanya surat perintah Dirjen serta temuan atas pelaksanaan eksaminasi oleh Hakim Tinggi PTA Maluku Utara. Oleh sebab itu perlu adanya perhatian khusus kepada setiap pegawai untuk dapat berperan aktif dalam mengikuti rapat sampai akhir. Rapat kemudian dilanjutkan dengan meninjau pelaksanaan surat perintah Dirjen Badilag yang terdiri dari 6 item. Setelah dilakukannya tinjauan, PA Soasio menilai sudah melaksanakan perintah tersebut dengan baik

WhatsApp Image 2022-08-04 at 11.15.34.jpeg

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan tinjauan dan evaluasi atas 70 temuan dalam pelaksanaan ekasaminasi oleh Hakim Tinggi PTA Maluku Utara. Adapun penyampaian tinjauan ini disampaikann langsung oleh Ketua PA Soasio, Bapak Dacep Burhanudin, S.Ag., M.H.I. Dari 70 temuan tersebut kemudian dapat disimpulkan terdapatnya beberapa hal yang menjadi catatan yang harus dilaksanakan tindak lanjut. Hal tersebut terdiri dari hal yang berkaitan dengan Decente/pemeriksaan setempat, hal yang berkaitan dengan BAS yang tetap harus mengikuti standar dalam SIPP, penataan arsip perkara, instrumen juru sita dan hal terkait berkas perkara. Catatan-catatan ini menjadi hal yang harus diperbaiki dalam menunjang perbaikan pelayanan demi terciptanya pelayanan yang prima kepada masyarakat. Atas hasil tersebut tercipta solusi berupa rekomendasi untuk dapat dilaksanakan DDTK pada Bagian Kepaniteraan. DDTK ini dirasa akan membantu dalam memberikan pemahaman dan penyamaan persepsi dalam pelaksanaan tugas sehari-hari pada PA Soasio. (MM)

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Soasio

Jl. Jenderal Ahmad Yani No. 10, Kelurahan Tomagoba, Kecamatan Tidore, Kota Tidore Kepulauan, Provinsi Maluku Utara

Tlp. 0921-3161025, Fax. 0921-3161141

Email : 

This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Instagram :

pa_soasio

Facebook : 

Pengadilan Agama Soasio

Tim IT Pengadilan Agama Soasio © 2021