logo pa soasio

Portal Pengadilan Agama Soasio

Selamat datang di Website Resmi Pengadilan Agama Soasio, sebagai media informasi berbasis teknologi.
Portal Pengadilan Agama Soasio

Aplikasi Gugatan Mandiri

Pelayanan yang lebih mudah, cepat dan biaya ringan, Ditjen Badan Peradilan Agama menyediakan Layanan Pembuatan Gugatan / Permohonan secara mandiri.
Aplikasi Gugatan Mandiri

Aplikasi SIPP

Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), merupakan aplikasi administrasi dan penyediaan informasi perkara baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.
Aplikasi SIPP

SIWAS

Aplikasi yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI, untuk melaporkan suatu perbuatan berindikasi pelanggaran yang terjadi di lingkungan Mahkamah Agung Republik Indonesia atau Peradilan dibawahnya.
SIWAS

e-Court

e-Court adalah layanan bagi pengguna terdaftar untuk pendaftaran perkara secara Online. Mendapatkan taksiran panjar biaya perkara, pembayaran secara Online, dan pemanggilan yang dilakukan secara elektronik. e-Filling (Pendaftaran perkara Online di Pengadilan) e-Payment (Pembayaran panjar biaya perkara Online) e-Summons (Pemanggilan pihak secara Online)
e-Court

Perkara Prodeo

Prodeo sesuai dengan Peraturan Mahkamah Agung Republik Indonesia No. 1 Tahun 2014 tentang Pedoman Pemberian Layanan Hukum Bagi Masyarakat Tidak Mampu Di Pengadilan, adalah proses berperkara di pengadilan secara cuma-cuma dengan dibiayai negara melalui anggaran Mahkamah Agung RI.
Perkara Prodeo

SIPP Kemenpan RB

SIPP Merupakan media informasi elektronik satu pintu meliputi penyimpanan dan pengelolaan informasi serta mekanisme penyampaian informasi dari penyelenggara pelayanan publik kepada masyarakat
SIPP Kemenpan RB

Informasi COVID 19 Mahkamah Agung

Mahkamah Agung dan Badan Peradilan dibawahnya merupakan salah satu bagian yang terdampak oleh virus COVID-19 sehingga Mahkamah Agung menyediakan Website Sebaran COVID -19 di Lingkungan Peradilan yang berfungsi untuk melakukan monitoring terhadap kondisi seluruh aparatur pengadilan yang ada di satuan kerja baik PNS maupun Non PNS yang terdampak COVID-19
Informasi COVID 19 Mahkamah Agung

PTSP

Pelayanan Terpadu Satu PIntu (PTSP) adalah pelayanan secara terintegrasi dalam satu kesatuan proses dimulai dari tahap permohonan informasi, pengaduan, pendaftaran perkara, pembayaran dan pengembalian sisa panjar biaya perkara, hingga penyerahan/pengembalian produk pengadilan melalui satu pintu. PTSP sendiri ditujukan untuk mewujudkan proses peradilan yang sederhana, cepat dan biaya ringan, memberikan pelayanan administrasi yang bebas dari korupsi kepada pengguna layanan dan menjaga indepedensi dan imparsialitas aparat.
PTSP

11 Aplikasi Inovasi Badilag

Dalam rangka menunjang fasilitas pelayanan untuk para pencari keadilan, Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama mengeluarkan 11 Aplikasi Inovasi. Implementasi dari 11 aplikasi tersebut telah diterapkan oleh Pengadilan Agama Soasio.
11 Aplikasi Inovasi Badilag

Reformasi Birokrasi

Reformasi birokrasi merupakan upaya untuk melakukan pembaharuan dan perubahan mendasar terhadap sistem penyelenggaraan pemerintahan terutama menyangkut aspek-aspek kelembagaan (organisasi), ketatalaksanaan (business prosess) dan sumber daya manusia aparatur.
Reformasi Birokrasi

Budaya kerja 5S 5R

Pengadilan Agama Soasio telah membangun Budaya Kerja 5S dan 5R untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat
Budaya kerja 5S 5R

icon galeri

 

Pengadilan Agama memberikan kemudahan akses informasi jadwal sidang untuk para pihak yang sedang berperkara.

jdih

 

Melalui Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), anda akan mengetahui tahapan, status dan riwayat perkara.

majalah

 

SIWAS adalah aplikasi pengaduan yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung Republik Indonesia.

majalah

 

Adalah layanan bagi Pengguna Terdaftar untuk Pendaftaran Perkara Secara Online.

on . Hits: 67

Pembinaan dan Mentoring Ketua Pengadilan Tinggi Agama Maluku Utara Beserta Jajarannya

 

Tidore – Jumat (13/08/2021) | Pengadilan Agama Soasio menerima kunjungan silaturakhim dari rombongan PTA Maluku Utara yang bertempat di bertempat di ruang sidang PA Soasio. Kunjungan tersebut dalam rangka pembinaan yang dilakukan oleh PTA Maluku Utara kepada PA Soasio untuk dapat melakukan perbaikan-perbaikan terhadap manajemen, kinerja dan hal-hal teknis pada PA Soasio. Adapun pembinaan disampaikan langsung oleh Ketua PTA Maluku Utara, Bapak Drs. H. Subuki, M.H. bersama dengan Panitera PTA Maluku Utara, Bapak H. Jainudin Zaman, S.H., M.H. dan juga Sekretaris PTA Maluku Utara, Bapak Abdul Rifai, S.H.I.

WhatsApp Image 2021-08-13 at 16.29.38.jpeg

Acara pembinaan dihadiri oleh seluruh pegawai PA Soasio dengan dibuka oleh Ketua PA Soasio, Bapak Dacep Burhanudin, S.Ag., M.H.I. sebagai pengantar sebelum memasuki pembinaan yang dilakukan oleh PTA Maluku Utara. Dalam pengantar tersebut Ketua PA Soasio menyampaikan hal-hal yang berkaitan dengan kondisi satker dengan menyebutkan jumlah pegawai beserta keadaan dari pegawainya dan juga keadaan perkara yang ada di PA Soasio. Selanjutnya acara pembinaan dilanjutkan dengan penyampaian dari Ketua PTA Maluku Utara, Bapak Bapak Drs. H. Subuki, M.H. Sebagai awalan Ketua PTA Maluku Utara menyampaikan kepada seluruh pegawai yang ada di PA Soasio untuk selalu menjaga kondisi badan dan menjaga imun dengan menerapkan selalu protokol kesehatan sebagai amanah dari Mahkamah Agung dan juga dari Dirjen Badilag. Hal tersebut disebabkan kondisi yang ada sekarang masih dalam masa pandemi covid-19. Selanjutnya Ketua PTA Maluku Utara menyampaikan pesan kepada Sekretaris PA Soasio untuk melakukan inventarisir secara berkala terkait semua keadaan setiap tempat yang ada di PA Soasio yang selanjutnya dilaporkan kepada PTA Maluku Utara.  

Perihal lain yang disampaikan oleh Ketua PTA Maluku Utara mengenai tata letak atau design tiap ruangan yang ada pada PA Soasio. Ketua PTA Maluku Utara menyampaikan perlu adanya sebuah rencana jangka panjang dalam bentuk design tata letak ruangan yang menunjang setiap kegiatan dalam proses kelancaran kegiatan dan juga terkait pelayanan kepada masayarakat. Selanjutnya Ketua PTA Maluku Utara menyampaikan, terkait dalam hal pelayanan dirasa sudah cukup dengan tersedianya peralatan yang menunjang dalam hal pelayanan. Hal tersebut mulai dari bingkai 5 laporan keluhan, prosedur beracara, ID card dan juga dalam penerapan protokol kesehatan. Adapun sebagai tambahan dalam hal pelayanan Ketua PTA Maluku Utara menginginkan adanya buku tamu secara digital pada PA Soasio.

WhatsApp Image 2021-08-13 at 09.25.36.jpeg

Ketua PTA Maluku Utara juga menyampaikan pesan kepada PA Soasio untuk dapat selalu memperhatikan prestasi yang berkaitan dengan SIPP. Mengingat SIPP ini menjadi hal yang berkaitan dengan pelayanan dan juga kinerja setiap pegawai mulai dari hakim, PP dan juga juru sita. Ketua PTA Maluku Utara juga menyampaikan, dalam rangka kegiatan yang akan menunjang kegiatan dalam pengajuan WBK dan WBBM.  Maka perlu adanya implementasi 11 aplikasi yang telah diluncurkan oleh Badilag pada PA Soasio. Poin selanjutnya Ketua PTA Maluku Utara menyampaikan hal yang berkaitan dengan ZI. ZI ini sebagai bentuk meningkatkan dan melaksanakan pelayanan publik tanpa adanya gratifikasi dan terkait praktik KKN. Ketua PTA Maluku Utara menyampaikan, dalam pelaksanaannya ZI menjadi sebuah hal yang dicatat dalam bentuk eviden akan menjadi sebuah hal yang harus dikerjakan dengan melakukan updating secara berkelanjutan. Hal tersebut tentunya perlu ada harmonisasi antar area mulai dari area I sampai dengan area VI. Disisi lain perlu adanya sebuah team dalam menyusun narasi sebagai penjelesan dalam penyampaian eviden dari setiap area. Hal lain yang tidak kalah penting dalam proses ZI ini adalah terkait dengan IT pada PA Soasio. Perlu adanya sarana yang menunjang seperti dalam proses penyampaian desk evaluasi. Terakhir, Ketua PTA Maluku Utara menyampaikan pesan kepada para hakim PA Soasio untuk dapat lebih membaca Sema terkhusus Sema No 1 tahun 2017. SEMA tersebut nantinya akan menjadi pedoman hakim dalam memeriksa dan memutus perkara yang ada pada PA Soasio.

WhatsApp Image 2021-08-13 at 16.29.40.jpeg

Selanjutnya pembinaan kemudian ditambahkan oleh Panitera PTA Maluku Utara, Bapak H. Jainudin Zaman, S.H., M.H. Sebagai tambahan Panitera PTA Maluku Utara menyampaikan beberapa poin. Pertama PTA Maluku Utara menginginkan adanya sebuah pembahasan secara khusus mulai dari Hakim, Panitera, Panmud, PP dan juga JS untuk mengatasi permasalahan dalam penilaian SIPP. Selanjutnya Panitera PTA Maluku Utara menyampaikan pesan kepada Juru Sita yang ada pada PA Soasio agar selalu menyampaikan panggilan sesuai dengan tujuannya. Panitera PTA Maluku Utara berharap di PA Soasio tidak terjadi hal seperti yang ada pada PA lain yang melakukan pemanggilan dengan memberikan kepada pihak lain untuk dapat menyampaikan surat panggilan. Selanjutnya Panitera PTA Maluku Utara juga menyampaikan, dalam hal penerbitan akta cerai harus melalui proses beracara terlebih dahulu. Hal tersebut mengingat pernah ada kejadian terbitnya sebuah akta cerai tanpa adanya proses beracara di pengadilan dengan memalsukan tanda tangan dari pejabat terkait. Selanjutnya dalam hal pembangunan ZI, Panitera PTA Maluku Utara melihat dari hasil rekomendasi hasil dari hakim Bawas pada PA Soasio masih ada hal-hal yang perlu di evaluasi untuk kedepan. Hal tersebut mulai dari belum adanya pencanangan penanganan benturan kepentingan, belum ada tindak lanjut dan identifikasi potensi benturan kepentingan serta dalam hal pengaduan.

WhatsApp Image 2021-08-13 at 16.29.39.jpeg

Pembinaan terkahir selanjutnya dilakukan oleh Sekretaris PTA Maluku Utara, Bapak Bapak Abdul Rifai, S.H.I.. dalam hal pembinaan tersebut Sekretaris PTA Maluku Utara menyampaikan 4 pesan. Pertama sekretaris PTA Maluku Utara menyampaikan pesan kepada bagian kesekratriatan untuk dapat memaksimalkan penyerapan DIPA 01 dan DIPA 04. Penekanan tersebut karena kekhawatiran dari Sekretaris PTA Maluku Utara akan adanya Recofusing pada PA Soasio. Recofusing ini mempunyai arti pemotongan anggaran yang akan dilakukan oleh pemerintah pusat terhadap anggaran yang realisasinya masih di bawah standar. Kedua Sekretaris PTA Maluku Utara menyoroti dalam hal perawatan, pengelolaan hanya berfokus untuk pegawai tanpa melihat pelayanan terbaik kepada masyarakat. Kedepan Sekretaris PTA Maluku Utara berpesan kepada PA Soasio untuk dapat lebih memperhatikan ke arah pelayanan kepada masyarakat. Ketiga dalam hal PMP ZI, Sekretaris PTA Maluku Utara meminta izin kepada PA Soasio untuk dapat membagikan user PMP ZI. Hal tersebut sebagai bentuk upaya pembinaan kedalan dengan melakukan kombinasi dan saling mengkoreksi setiap area. Harapannya kedepan PA Soasio dapat mengikuti PTA Maluku Utara untuk dapat masuk desk evaluasi. Keempat Sekretaris PTA Maluku Utara berpesan kepada Sekretaris PA Soasio untuk selalu menerapkan manajemen POAC mulai dari planning, organizing, action dan controling. Adapun controling lebih melibatkan hakim sebagai hawasbid. Acara kemudian ditutup dengan ucapan terima kasih dari Ketua PA Soasio kepada PTA Maluku Utara atas pembinaan dan pencerahan yang dilaksanakan. (MM)                      

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Soasio

Jl. Jenderal Ahmad Yani No. 10, Kelurahan Tomagoba, Kecamatan Tidore, Kota Tidore Kepulauan, Provinsi Maluku Utara

Tlp. 0921-3161025, Fax. 0921-3161141

Email :

This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Tim IT Pengadilan Agama Soasio © 2021