logo pa soasio

Portal Pengadilan Agama Soasio

Selamat datang di Website Resmi Pengadilan Agama Soasio, sebagai media informasi berbasis teknologi.
Portal Pengadilan Agama Soasio

Aplikasi Gugatan Mandiri

Pelayanan yang lebih mudah, cepat dan biaya ringan, Ditjen Badan Peradilan Agama menyediakan Layanan Pembuatan Gugatan / Permohonan secara mandiri.
Aplikasi Gugatan Mandiri

Aplikasi SIPP

Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), merupakan aplikasi administrasi dan penyediaan informasi perkara baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.
Aplikasi SIPP

SIWAS

Aplikasi yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI, untuk melaporkan suatu perbuatan berindikasi pelanggaran yang terjadi di lingkungan Mahkamah Agung Republik Indonesia atau Peradilan dibawahnya.
SIWAS

e-Court

e-Court adalah layanan bagi pengguna terdaftar untuk pendaftaran perkara secara Online. Mendapatkan taksiran panjar biaya perkara, pembayaran secara Online, dan pemanggilan yang dilakukan secara elektronik. e-Filling (Pendaftaran perkara Online di Pengadilan) e-Payment (Pembayaran panjar biaya perkara Online) e-Summons (Pemanggilan pihak secara Online)
e-Court

Perkara Prodeo

Prodeo sesuai dengan Peraturan Mahkamah Agung Republik Indonesia No. 1 Tahun 2014 tentang Pedoman Pemberian Layanan Hukum Bagi Masyarakat Tidak Mampu Di Pengadilan, adalah proses berperkara di pengadilan secara cuma-cuma dengan dibiayai negara melalui anggaran Mahkamah Agung RI.
Perkara Prodeo

SIPP Kemenpan RB

SIPP Merupakan media informasi elektronik satu pintu meliputi penyimpanan dan pengelolaan informasi serta mekanisme penyampaian informasi dari penyelenggara pelayanan publik kepada masyarakat
SIPP Kemenpan RB

Informasi COVID 19 Mahkamah Agung

Mahkamah Agung dan Badan Peradilan dibawahnya merupakan salah satu bagian yang terdampak oleh virus COVID-19 sehingga Mahkamah Agung menyediakan Website Sebaran COVID -19 di Lingkungan Peradilan yang berfungsi untuk melakukan monitoring terhadap kondisi seluruh aparatur pengadilan yang ada di satuan kerja baik PNS maupun Non PNS yang terdampak COVID-19
Informasi COVID 19 Mahkamah Agung

PTSP

Pelayanan Terpadu Satu PIntu (PTSP) adalah pelayanan secara terintegrasi dalam satu kesatuan proses dimulai dari tahap permohonan informasi, pengaduan, pendaftaran perkara, pembayaran dan pengembalian sisa panjar biaya perkara, hingga penyerahan/pengembalian produk pengadilan melalui satu pintu. PTSP sendiri ditujukan untuk mewujudkan proses peradilan yang sederhana, cepat dan biaya ringan, memberikan pelayanan administrasi yang bebas dari korupsi kepada pengguna layanan dan menjaga indepedensi dan imparsialitas aparat.
PTSP

11 Aplikasi Inovasi Badilag

Dalam rangka menunjang fasilitas pelayanan untuk para pencari keadilan, Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama mengeluarkan 11 Aplikasi Inovasi. Implementasi dari 11 aplikasi tersebut telah diterapkan oleh Pengadilan Agama Soasio.
11 Aplikasi Inovasi Badilag

Reformasi Birokrasi

Reformasi birokrasi merupakan upaya untuk melakukan pembaharuan dan perubahan mendasar terhadap sistem penyelenggaraan pemerintahan terutama menyangkut aspek-aspek kelembagaan (organisasi), ketatalaksanaan (business prosess) dan sumber daya manusia aparatur.
Reformasi Birokrasi

Budaya kerja 5S 5R

Pengadilan Agama Soasio telah membangun Budaya Kerja 5S dan 5R untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat
Budaya kerja 5S 5R

icon galeri

 

Pengadilan Agama memberikan kemudahan akses informasi jadwal sidang untuk para pihak yang sedang berperkara.

jdih

 

Melalui Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), anda akan mengetahui tahapan, status dan riwayat perkara.

majalah

 

SIWAS adalah aplikasi pengaduan yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung Republik Indonesia.

majalah

 

Adalah layanan bagi Pengguna Terdaftar untuk Pendaftaran Perkara Secara Online.

on . Hits: 51

Pengadilan Agama Soasio Mengikuti Kegiatan Peringatan HUT Ke-76 Mahkamah Agung Republik Indonesia

 

WhatsApp Image 2021-08-19 at 11.57.04.jpeg

Tidore – Kamis (19/08/2021) | Pengadilan Agama Soasio menggelar acara peringatan HUT ke-76 Mahkamah Agung Republik Indonesia. Acara ini terbagi kedalam tiga kegiatan. Pertama, acara peringatan hari HUT MARI dilaksanakan dengan pelaksanaan upacara secara daring dengan komando berasal langsung dari MARI. Upacara ini menjadi sebuah bentuk partisipasi dari PA Soasio yang tergabung dalam ribuan satker yang mengikuti upacara dan disiarkan secara langsung melalui media zoom. Upacara ini diikuti seluruh pegawai PA Soasio mulai dari Ketua, PLT Wakil Ketua, Panitera, Sekeretaris, para hakim dan seluruh pejabat struktural dan fungsional serta pegawai PA Soasio yang bertempat di ruang mushola lama PA Soasio. Meskipun tidak semua dapat tertampung di ruang mushola lama, sebagian lainnya tetap dengan semangat mengikuti upacara di ruangan masing-masing. Mengingat ruang sidang yang biasanya dijadikan sebagai ruang berkumpul sedang dipakai untuk kegiatan persidangan dan di luar sedang dalam kondisi hujan lebat.

WhatsApp Image 2021-08-19 at 10.46.11.jpeg

Pelaksanaan upacara HUT MARI ke-76 mengambil tema, “Memantapkan kemandirian badan peradilan melalui pelayanan hukum berbasis teknologi informasi pada masa pandemi”. Tema ini diinginkan oleh YM Ketua MARI, Bapak Prof. Dr .M. Syarifuddin,S.H., M.H. sebagai suatu bentuk momentum yang menjadi bahan renungan akan pentingnya membangun semangat perubahan. Hal tersebut disebabkan karena tidak ada kemajuan dan kesuksesan yang bisa dicapai tanpa adanya sebuah perubahan.

WhatsApp Image 2021-08-19 at 10.47.14.jpeg

YM Ketua MARI dalam sambutannya menyampaikan beberapa hal berkaitan dengan pelaksanaan HUT MARI ke76. Pertama, berkaitan dengan tema dari HUT MARI ke-76 mengsyaratkan pentingnya aspek kemandirian dalam proses penyelenggaraan peradilan. Kemandirian harus tercermin dalam setiap layanan hukum baik bersifat yudisial ataupun non yudisial yang diikuti oleh integritas dan profesionalitas yang tinggi agar dalam pelaksanaannya tidak menibulkan kesewenang-wenangan. Kedua YM Ketua MARI menyampaikan, pemanfaatan teknologi menjadi solusi yang tepat di masa pandemi yang mempunyai 2 manfaat secara bersamaan. pertama bagi penerima layanan dan juga manfaat dari penyedia layanan. Bagi penerima layanan dapat memberikan kemudahan, kecepatan dan biaya yang lebih murah. Untuk aparatur dapat membantu meringankan dan mempercepat penyelesaian pekerjaan dengan tingkat ketelitian dan kecermatan yang tinggi. Disisi lain pemanfaatan teknologi dapat memutus mata rantai birokrasi yang berpotensi menimbulkan peyimpangan yang dilakukan oleh oknum aparatur yang tidak bertanggungjawab.

WhatsApp Image 2021-08-19 at 10.47.11.jpeg

Selanjutnya Ketua MARI menyampaikan, tahun 2020 MARI telah berhasil melakukan elektronisasi dalam semua jenis perkara dengan menerbitkan perma no 4 tahun 2020 tentang administrasi dan persidangan di peradilan secara elektronik. perma tersebut diterbitkan untuk melengkapi sistim berlakunya peradilan elektronik yang sebelumnya telah diberlakukan bagi perkara perdata, perkara perdata agama, perkara tata usaha negara dan perkara tata usaha militer. Selain penerbitan regulasi payung bagi peradilan elektronik MA juga sedang membahas 5 rancangan aturan yang berkaitan dengan hal di atas. Pertama, rancangan tentang administrasi pengajuan upaya hukum dan persidangan kasasi dan peninjauan kembali di MA Secara elektronik, ke-dua mediasi di pengadilan secara elektronik, ke-tiga tata cara pengajuan dan pemerikasana keberatan terhadap putusan komisi pengawas persaingan usaha di pengadilan niaga, ke-empat penyempurnaan terhadap administrasi perkara dan persidangan di pengadilan secara elektronik, dan terakhir rancangan aturan administrasi pengelolaan hibah di lingkungan MA dan badan peradilan di bawahnya.

Upaya di atas dilakukan oleh MARI setiap tahunnya dengan terus berupaya meningkatkan kualitas jaringan dan melengkapi ketersedian perangkat IT bagi satuan kerja di seluruh indonesia demi menunjang kelancaran proses peradilan secara elektronik. Dengan tersedianya  jaringan dan perangkat IT, proses pelayanan hukum berbasis IT sudah dapat dilakukan. Sehingga tidak ada alasan bagi satker di daerah yang tidak melaksanakan sistem peradilan secara elektronik. Optimalisasi peradilan modern sudah dicanangkan oleh MARI setahun yang lalu. Sehingga saat ini fokus ketua MARI adalah memastikan bahwa sistem peradilan modern dapat berjalan secara baik dan mampu memberikan manfaat secara optimal bagi para pencari keadilan. YM Ketua MARI menyampaikan, peran SDM di lapangan sangat menentukan. Hal tersebut dikarenakan secanggih sarana dan prasarana yang disediakan tidak akan memberikan faedah yang maksimal jika tidak dilaksanakan oleh SDM yang terampil dan berkompeten. Meskipun sebagian pekerjaan telah dibantu oleh aplikasi tetapi kinerja harus dijaga dengan baik karena moderinisasi peradilan dibagun dengan sistem teknologi yang canggih dan sumber daya manusia yang modern.

WhatsApp Image 2021-08-19 at 11.45.29 (1).jpeg

Selanjutnya dalam sambutannya, YM Ketua MARI menyampaikan upaya dan kerja keras MARI telah menghasilkan prestasi untuk ke 9 kalinya MARI mendapat prestasi opini wajar tanpa pengecualian dari BPK atas laporan pengelolaan keuangan pada tahun 2020, kedua, pada bidang pendidikan dan pelatiahan SDM pada tahun 2021 Pusdiklat manajemen kepemimpinan badan libang diklat kumdil MARI berhasil meraih peringkat ke 3 sebagai lembaga pelatihan pemerintah pusat  berprestasi tahun 2021 sekaligus memperoleh predikat akreditasi dengan nilai triple A dari LAN untuk program pelatihan aparatur yang berlaku selama 5 tahun. YM Ketua MARI berpesan, capain tersebut jangan dijadikan alasan untuk berpuas diri. Karena tantangan kedepan akan semakin berat, sehingga kita harus terus berupaya meningkatkan kinerja dan pelayanan. Agar senantiasa mampu menjawab tantangan di masa yang akan datang. YM Ketua MARI selanjutnya menjelaskan, acara HUT MARI juga dilaksanakan penyerahan secara simbolis pengahrgaan tanda kehormatan satya lencana karya satya untuk pengabdian selama 30 tahun, 20 tahun, 20 tahun, dwi windu dan sewindu untuk perwakilan penerima.

Terakhir dalam sambutannya YM Ketua MARI menyampaikan sebuah pesan kepada seluruh warga peradilan yang ada di seluruh Indonesia untuk dapat diresapi dengan baik. YM Ketua MARI berpesan,  “sesulit apapun kondisi yang kita alami saat ini jangan sekali-kali menyurutkan tekad untuk tetap berbuat yang terbaik dan terus melakukan perubahan yang postif karena tidak ada kemajuan dan kesuksesan yang bisa dicapai tanpa diawali sebuah perubahan mualailah dengan perubahan yang kecil untuk mewujudkan sebuah cita-cita yang besar”.        

   WhatsApp Image 2021-08-19 at 11.45.29.jpeg

Acara selanjutnya dalam kegiatan memperingati HUT MARI ke-76, PA Soasio kemudian tidak lupa untuk mengikuti penyerahan anugrah MARI tahun 2021 dan pemutaran film yang dipersembahkan langsung oleh MARI. Penyerahan anugerah MARI tahun 2021 ini mengambil 4 kategori. Pertama, anugrah dalam pelaksanaan dan pemanfaatan gugatan sederhana terbaik, kedua anugrah pelaksanaan dan pemanfaatan peradilan elektonik terbaik dan ketiga dalam pelaksanaan mediasi terbaik serta anugrah bagi pengadilan tingkat banding yang pengadilan di bawahnya mendapat nominasi pengharagaan terbanyak. Sesuai dengan sambutan YM Ketua MARI, pemberian anugerah ini diberikan atas prestasi yang dicapai oleh aparatur peradilan dan satuan kerja pengadilan di bidang pelayanan hukum serta penghargaan bagi para advokat yang telah memanfaatkan layanan gugatan sederhana dan peradilan elektronik secara terbaik berdasarkan atas hasil survey secara obyektif dari hukum online dan dukungan dari kementrian investasi BKPM atas kinerja selama satu tahun kebelakang. Dengan adanya penghargaan ini, YM Ketua MARI mengharapkan dapat memacu semangat aparatur peradilan dan advokat lainnya untuk meningkatkan kualitas pelayanan hukum sesuai dengan tugas masing-masing.

Selanjutnya acara peringatan HUT MARI ke-76 dilanjutkan dengan acara pemutaran film yang berjudul “pesan bermakna” sebagai persembahan MARI dihari HUT MA ke-76. Sesuai dengan sambutan YM Ketua MARI dalam sambutannya ketika Upacara secara daring HUT MARI ke-76. Film tersebut bertemakan integritas dan banyak mengandung nilai-nilai kebaikan yang dapat diteladani oleh para hakim dan aparatur peradilan di seluruh indonesia baik dalam kehidupan sehari-hari ataupun dalam menjalankan tugas peradilan. Sayangnya dalam pemutaran film bersama tersebut, PA Soasio tidak dapat melaksanakannya secara penuh. Hal ini dikarenakan kondisi satker yang tiba-tiba mengalami pemadaman listrik. Meskipun terdapat kondisi demikian, tidak membuat PA Soasio menyurutkan niatnya dalam memperingati acara HUT MARI ke-76. Acara kemudian ditutup dengan pemotongan kue dan tumpeng secara simbolis oleh Ketua PA Soasio, Bapek Dacep Burhanudin, S.Ag., M.H.I. yang kemudian dilanjutkan memakan kue dan tumpeng yang telah dipotong tadi bersama seluruh pegawai PA Soasio. (MM)    

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Soasio

Jl. Jenderal Ahmad Yani No. 10, Kelurahan Tomagoba, Kecamatan Tidore, Kota Tidore Kepulauan, Provinsi Maluku Utara

Tlp. 0921-3161025, Fax. 0921-3161141

Email :

This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Tim IT Pengadilan Agama Soasio © 2021