logo pa soasio

Portal Pengadilan Agama Soasio

Selamat datang di Website Resmi Pengadilan Agama Soasio, sebagai media informasi berbasis teknologi.
Portal Pengadilan Agama Soasio

Aplikasi Gugatan Mandiri

Pelayanan yang lebih mudah, cepat dan biaya ringan, Ditjen Badan Peradilan Agama menyediakan Layanan Pembuatan Gugatan / Permohonan secara mandiri.
Aplikasi Gugatan Mandiri

Aplikasi SIPP

Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), merupakan aplikasi administrasi dan penyediaan informasi perkara baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.
Aplikasi SIPP

SIWAS

Aplikasi yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI, untuk melaporkan suatu perbuatan berindikasi pelanggaran yang terjadi di lingkungan Mahkamah Agung Republik Indonesia atau Peradilan dibawahnya.
SIWAS

e-Court

e-Court adalah layanan bagi pengguna terdaftar untuk pendaftaran perkara secara Online. Mendapatkan taksiran panjar biaya perkara, pembayaran secara Online, dan pemanggilan yang dilakukan secara elektronik. e-Filling (Pendaftaran perkara Online di Pengadilan) e-Payment (Pembayaran panjar biaya perkara Online) e-Summons (Pemanggilan pihak secara Online)
e-Court

Perkara Prodeo

Prodeo sesuai dengan Peraturan Mahkamah Agung Republik Indonesia No. 1 Tahun 2014 tentang Pedoman Pemberian Layanan Hukum Bagi Masyarakat Tidak Mampu Di Pengadilan, adalah proses berperkara di pengadilan secara cuma-cuma dengan dibiayai negara melalui anggaran Mahkamah Agung RI.
Perkara Prodeo

SIPP Kemenpan RB

SIPP Merupakan media informasi elektronik satu pintu meliputi penyimpanan dan pengelolaan informasi serta mekanisme penyampaian informasi dari penyelenggara pelayanan publik kepada masyarakat
SIPP Kemenpan RB

Informasi COVID 19 Mahkamah Agung

Mahkamah Agung dan Badan Peradilan dibawahnya merupakan salah satu bagian yang terdampak oleh virus COVID-19 sehingga Mahkamah Agung menyediakan Website Sebaran COVID -19 di Lingkungan Peradilan yang berfungsi untuk melakukan monitoring terhadap kondisi seluruh aparatur pengadilan yang ada di satuan kerja baik PNS maupun Non PNS yang terdampak COVID-19
Informasi COVID 19 Mahkamah Agung

PTSP

Pelayanan Terpadu Satu PIntu (PTSP) adalah pelayanan secara terintegrasi dalam satu kesatuan proses dimulai dari tahap permohonan informasi, pengaduan, pendaftaran perkara, pembayaran dan pengembalian sisa panjar biaya perkara, hingga penyerahan/pengembalian produk pengadilan melalui satu pintu. PTSP sendiri ditujukan untuk mewujudkan proses peradilan yang sederhana, cepat dan biaya ringan, memberikan pelayanan administrasi yang bebas dari korupsi kepada pengguna layanan dan menjaga indepedensi dan imparsialitas aparat.
PTSP

11 Aplikasi Inovasi Badilag

Dalam rangka menunjang fasilitas pelayanan untuk para pencari keadilan, Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama mengeluarkan 11 Aplikasi Inovasi. Implementasi dari 11 aplikasi tersebut telah diterapkan oleh Pengadilan Agama Soasio.
11 Aplikasi Inovasi Badilag

Reformasi Birokrasi

Reformasi birokrasi merupakan upaya untuk melakukan pembaharuan dan perubahan mendasar terhadap sistem penyelenggaraan pemerintahan terutama menyangkut aspek-aspek kelembagaan (organisasi), ketatalaksanaan (business prosess) dan sumber daya manusia aparatur.
Reformasi Birokrasi

Budaya kerja 5S 5R

Pengadilan Agama Soasio telah membangun Budaya Kerja 5S dan 5R untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat
Budaya kerja 5S 5R

icon galeri

 

jdih

 

majalah

 

majalah

 

icon galeri

 

jdih

 

majalah

 

majalah

 

on . Hits: 51

Pengambilan Sumpah Jabatan dan Pelantikan Wakil Ketua serta Pelepasan dan Purnabakti Pegawai Pengadilan Agama Soasio

WhatsApp Image 2021-09-17 at 18.32.21.jpeg

Tidore – Jumat (17/09/2021) | Pengadilan Agama Soasio menggelar acara Pengambilan Sumpah Jabatan dan Pelantikan Wakil Ketua PA Soasio yang bertempat di Ruang Sidang Pengadilan Agama Soasio. Acara ini diselenggarakan atas dasar Surat Keputusan Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor : 2571/DJA/KP.04.6/8/2021 tertanggal 10 Agustus 2021 perihal hasil rapat tim promosi mutasi hakim pada lingkungan peradilan agama. Surat tersebut berisi pemberhentian dengan hormat atas nama Muna Kabir, S.H.I dari jabatan hakim pratama utama/hakim pada Pengadilan Agama Ternate dan mengangkat kembali dalam jabatan hakim pratama utama/Wakil Ketua pada Pengadilan Agama Soasio.

WhatsApp Image 2021-09-17 at 18.33.27.jpeg

WhatsApp Image 2021-09-17 at 18.33.27 (1).jpeg

 

Acara Pengambilan Sumpah Jabatan dan Pelantikan Wakil Ketua PA Soasio terdiri dari delapan tahapan. Pertama, acara dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Hymne Mahkamah Agung. Kedua, acara dilanjutkan dengan pembacaan doa oleh Bapak Hasanuddin, S.Sy. Ketiga, acara kemudian dilanjutkan dengan pembacaan surat keputusan dalam jabatan oleh Ibu Julaiha Husni, S.E. Keempat, acara dilanjutkan dengan pengambilan sumpah jabatan oleh Ketua PA Soasio, Bapak Dacep Burhanudin, S.Ag., M.H.I. dengan sebagai saksi oleh Bapak Mursal Ayub, S.Ag. dan Bapak Umar Ali, S.H.. serta Bapak Ismail Talib sebagai rohaniawan. Pengambilan sumpah jabatan tersebut diikuti dengan penandatanganan berita acara pengambilan sumpah jabatan yang dilakukan oleh Ibu Muna Kabir, S.H.I. selaku pejabat pengambil sumpah. Kelima acara kemudian dilanjutkan dengan melantik pejabat terkait dan pemasangan kalung jabatan yang dilakukan oleh Ketua PA Soasio, Bapak Dacep Burhanudin, S.Ag., M.H.I.. Setelah pejabat terkait dilantik dan mengambil sumpah jabatan, acara dilanjutkan dengan pembacaan dan penandatanganan pakta integritas oleh pejabat yang baru saja dilantik. Ketujuh acara dilanjutkan dengan pengenalan pejabat yang baru dilantik, Ibu Muna Kabir, S.H.I.. Terakhir acara ini kemudian ditutup dengan jabat tangan selamat dan berfoto berama yang diwali dari Ketua PA Soasio, para hakim, sekretaris, panitera, seluruh pejabat fungsional dan struktural, karyawan dan karyawati PA Soasio serta para tamu yang hadir pada acara Pengambilan Sumpah Jabatan dan Pelantikan wakil Ketua PA Soasio.

WhatsApp Image 2021-09-17 at 18.34.35.jpeg

Acara kemudian dilanjutkan acara perpisahan pegawai yang telah dimutasi ke satuan kerja lain dan juga purnabakti salah satu pegawai yang ada pada PA Soasio. Acara diawali dengan kata perpisahan dari pihak yang ditinggalkan dengan diwakilkan oleh Panitera PA Soasio, Bapak Mursal Ayub, S.Ag.. Acara kemudian dilanjutkan dengan kata perpisahan dari pihak yang meninggalkan dengan diwakilkan oleh wakil Ketua PA Soasio sebelumnya, Ibu Zahra Hanafi, S.H.I., M.H.. Acara kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua PA Soasio, Bapak Dacep Burhanudin, S.Ag., M.H.I.. Sambutan ini menjadi sambutan yang digabungkan dengan sambutan pada acara pelantikan Wakil Ketua PA Soasio. Berkaitan dengan acara pelantikan Wakil Ketua PA Soasio dan pelepasan pegawai yang telah dimutasi serta pegawai yang akan melakukan purnabakti, Ketua PA Soasio menyampaikan empat hal. Pertama, Ketua PA Soasio menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh pihak yang hadir atas ketidaknyamanan ruangan dikarenakan matinya AC yang berdampak pada panasnya ruangan tempat acara berlangsung. Kedua, Ketua PA Soasio menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh pegawai PA Soasio yang telah berkontribusi untuk menyuseskan acara pelantikan dan pelepasan pada hari ini.

Ketiga berkaitan dengan acara pelantikan Wakil Ketua yang baru, Ketua PA Soasio menyampaikan beberapa hal kepada Wakil Ketua PA Soasio yang baru saja dilantik. Sebelum menyampaikan beberapa hal tersebut Ketua PA Soasio mengucapkan selamat atas dilantiknya Ibu Muna Kabir, S.H.I. selaku wakil Ketua PA Soasio dengan terpenuhinya struktur yang ada pada PA Soasio. Adapun selanjutnya Ketua PA Soasio menyampaikan, “Keberhasilan PA Soasio adalah keberhasilan kolektif karena kita dalam bekerja tidak sendirian, sehingga jangan khawatir untuk bekerja pada PA Soasio”. Terakhir berikaitan dengan acara pelantikan Wakil Ketua PA Soasio yang baru, Ketua PA Soasio berharap dan berkeyakinan dengan datangnya Ibu Muna Kabir, S.H.I selaku Wakil Ketua PA Soasio dapat membawa PA Soasio menjadi luar biasa.

WhatsApp Image 2021-09-17 at 18.39.17.jpeg

WhatsApp Image 2021-09-17 at 18.39.17 (1).jpeg

Keempat, berkaitan dengan acara pelepasan dan purnabakti pegawai PA Soasio Ketua PA Soasio menyampaikan beberapa hal. Ketua PA Soasio menyampaikan, dalam acara perpisahan ini ada sesuatu yang berbeda dengan hal-hal lainnya. Hal ini terlihat dengan diceritakannya dalam Al-Quran ketika sebuah kisah berpisahnya Nabi Musa dengan Nabi Khaidir. Di dalam Al-Quran dikatakan, “hadza firoqu baini wa bainik. Sa’unabbi’uka bi ta’wili ma lam tastathi‘ ‘alaihi shobro”. Sehingga dapat dikatakan, perpisahan ini menjadi sesuatu yang berdebar-debar sampai meneteskan air mata. Oleh karena itu berpisah bukan hanya berpisah, akan tetapi bagaimana kita menciptakan kerinduan ketika masih bersama-sama pada PA Soasio. Selanjutnya Ketua PA Soasio menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh pegawai yang dimutasi ke tempat lain atas segala hal yang kurang berkenan baik perbuatan, perilaku atau sikap selaku pimpinan yang ada pada PA Soasio. Adapun Ketua PA Soasio berharap, kedepan seluruh pegawai PA Soasio yang telah dimutasi karirnya akan menjadi lebih baik lagi.    

    WhatsApp Image 2021-09-17 at 18.42.01.jpeg

Terakhir berkaitan dengan adanya pelepasan purnabakti salah satu pegawai PA Soasio, Bapak Soleman M. Ali, S.H., Ketua PA Soasio mendeskripsikan pelepasan purnabakti kedalam bahasa “insan kamil”. Kata tersebut mempunyai arti manusia yang sudah sempurna. Sempurna ini berkaitan dengan sempurnanya dalam bekerja sebagai pegawai negeri dengan terakhir ditempatkan pada PA Soasio. Oleh karena itu, ini menjadi sebuah hal yang patut disyukuri. Mengingat tidak semua dapat sampai tahapan purna dalam menjalankan tugas. Selanjutnya Ketua PA Soasio mengucapkan selamat kepada Bapak Soleman M. Ali, S.H. atas dedikasi dan pengabdian pada PA Soasio dengan selamat sampai akhir. Terakhir Ketua PA Soasio berharap, kedepan Bapak Soleman M. Ali dapat terus mengabdi di tempat-tempat lain yang sekiranya dapat bermanfaat untuk masyarakat umum. Acara kemudian dilanjutkan dengan pemutaran video yang berisi semua kenangan seluruh pegawai yang telah dimutasi dan pegawai yang sebentar lagi akan melakukan purnabakti dalam menjalankan tugasnya. Acara kemudian ditutup dengan pemberian kado dan penghargaan kepada pegawai yang telah dimutasi dan purnabakti sebagai bentuk pemberian kenang-kenangan serta apresiasi atas dedikasi selama bertugas di PA Soasio. (MM)

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Soasio

Jl. Jenderal Ahmad Yani No. 10, Kelurahan Tomagoba, Kecamatan Tidore, Kota Tidore Kepulauan, Provinsi Maluku Utara

Tlp. 0921-3161025, Fax. 0921-3161141

Email :

This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Tim IT Pengadilan Agama Soasio © 2021