logo pa soasio

Portal Pengadilan Agama Soasio

Selamat datang di Website Resmi Pengadilan Agama Soasio, sebagai media informasi berbasis teknologi.
Portal Pengadilan Agama Soasio

Aplikasi Gugatan Mandiri

Pelayanan yang lebih mudah, cepat dan biaya ringan, Ditjen Badan Peradilan Agama menyediakan Layanan Pembuatan Gugatan / Permohonan secara mandiri.
Aplikasi Gugatan Mandiri

Aplikasi SIPP

Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), merupakan aplikasi administrasi dan penyediaan informasi perkara baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.
Aplikasi SIPP

SIWAS

Aplikasi yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI, untuk melaporkan suatu perbuatan berindikasi pelanggaran yang terjadi di lingkungan Mahkamah Agung Republik Indonesia atau Peradilan dibawahnya.
SIWAS

e-Court

e-Court adalah layanan bagi pengguna terdaftar untuk pendaftaran perkara secara Online. Mendapatkan taksiran panjar biaya perkara, pembayaran secara Online, dan pemanggilan yang dilakukan secara elektronik. e-Filling (Pendaftaran perkara Online di Pengadilan) e-Payment (Pembayaran panjar biaya perkara Online) e-Summons (Pemanggilan pihak secara Online)
e-Court

Perkara Prodeo

Prodeo sesuai dengan Peraturan Mahkamah Agung Republik Indonesia No. 1 Tahun 2014 tentang Pedoman Pemberian Layanan Hukum Bagi Masyarakat Tidak Mampu Di Pengadilan, adalah proses berperkara di pengadilan secara cuma-cuma dengan dibiayai negara melalui anggaran Mahkamah Agung RI.
Perkara Prodeo

SIPP Kemenpan RB

SIPP Merupakan media informasi elektronik satu pintu meliputi penyimpanan dan pengelolaan informasi serta mekanisme penyampaian informasi dari penyelenggara pelayanan publik kepada masyarakat
SIPP Kemenpan RB

Informasi COVID 19 Mahkamah Agung

Mahkamah Agung dan Badan Peradilan dibawahnya merupakan salah satu bagian yang terdampak oleh virus COVID-19 sehingga Mahkamah Agung menyediakan Website Sebaran COVID -19 di Lingkungan Peradilan yang berfungsi untuk melakukan monitoring terhadap kondisi seluruh aparatur pengadilan yang ada di satuan kerja baik PNS maupun Non PNS yang terdampak COVID-19
Informasi COVID 19 Mahkamah Agung

PTSP

Pelayanan Terpadu Satu PIntu (PTSP) adalah pelayanan secara terintegrasi dalam satu kesatuan proses dimulai dari tahap permohonan informasi, pengaduan, pendaftaran perkara, pembayaran dan pengembalian sisa panjar biaya perkara, hingga penyerahan/pengembalian produk pengadilan melalui satu pintu. PTSP sendiri ditujukan untuk mewujudkan proses peradilan yang sederhana, cepat dan biaya ringan, memberikan pelayanan administrasi yang bebas dari korupsi kepada pengguna layanan dan menjaga indepedensi dan imparsialitas aparat.
PTSP

11 Aplikasi Inovasi Badilag

Dalam rangka menunjang fasilitas pelayanan untuk para pencari keadilan, Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama mengeluarkan 11 Aplikasi Inovasi. Implementasi dari 11 aplikasi tersebut telah diterapkan oleh Pengadilan Agama Soasio.
11 Aplikasi Inovasi Badilag

Reformasi Birokrasi

Reformasi birokrasi merupakan upaya untuk melakukan pembaharuan dan perubahan mendasar terhadap sistem penyelenggaraan pemerintahan terutama menyangkut aspek-aspek kelembagaan (organisasi), ketatalaksanaan (business prosess) dan sumber daya manusia aparatur.
Reformasi Birokrasi

Budaya kerja 5S 5R

Pengadilan Agama Soasio telah membangun Budaya Kerja 5S dan 5R untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat
Budaya kerja 5S 5R

icon galeri

 

jdih

 

majalah

 

majalah

 

icon galeri

 

jdih

 

majalah

 

majalah

 

on . Hits: 103

Pelaksanaan Assesment Eksternal Surveillance Ke-3 APM Tahun 2021 Pada Pengadilan Agama Soasio

 

WhatsApp Image 2021-11-10 at 17.06.10.jpeg

Tidore – Rabu (10/11/2021) | Pengadilan Agama Soasio (PA Soasio) menerima kunjungan tim Assesor Eksternal Surveillance ke-3 Akreditas Penjaminan Mutu (APM) tahun 2021. Team tersebut terdiri dari Bapak H. Jainudin Zaman, S.H., M.H. (Panitera PTA Maluku Utara) selaku Lead Assesor, denagn dibantu dua orang yang terdiri dari Bapak Abdul Rifai, S.H.I. (Sekretaris PTA Maluku Utara) dan Bapak Muhammad Agus Hayyudin, S.Kom. (Pranata Komputer PTA Maluku Utara). Kunjungan tersebut dilaksanakan selama satu hari pada tanggal 10 November 2021 dalam rangka melakukan observasi keadaan secara langsung pada PA Soasio atas pelaksanaan pemenuhan APM tahun 2021.

Pada pelaksanaanya Tim Assesor Eksternal Surveillance ke-3 APM tahun 2021 yang datang ke PA Soasio disambut langsung oleh Wakil Ketua PA Soasio, Ibu Muna Kabir, S.H.I., Panitera PA Soasio, Bapak Mursal Ayub, S.Ag., dan Sekretaris PA Soasio, Bapak Ayatullah Khomeini, S.H.. Adapun Ketua PA Soasio, Bapak Dacep Burhanudin, S.Ag., M.H.I. sedang berhalangan dalam menyambut kedatangan tim assesor karena sedang ada undangan untuk mengikuti upacara hari pahlawan di Kantor Walikota Tidore Kepulauan. Tim Assesor kemudian melanjutkan berkeliling kantor dengan dimulai dari memasuki ruang PTSP. Pada ruang PTSP Bapak H. Jainudin Zaman, S.H., M.H. menyapa para petugas dan dilanjutkan dengan menanyakan kepada petugas PTSP hal yang berkaitan dengan pelaksanaan pelayanan masyarakat. Pelaksnaan pelayanan tersebut dimulai dari meja pelayanan informasi, pelayanan pengaduan, pelayanan pengambilan produk, pelayanan pendaftaran perkara dan pada bagian layanan kasir. Hasil pertanyaan kepada petugas PTSP tersebut kemudian dilanjutkan dengan menanyakan secara langsung kepada para pihak berperkara yang ada pada ruang tunggu sidang berkaitan dengan pelayanan pengadilan.

WhatsApp Image 2021-11-10 at 17.04.31.jpeg

Tim assesor kemudian melanjutkan berkeliling kantor PA Soasio dengan dimulai dari ruang sidang, yang dilanjutkan dengan ruang kepaniteraan, ruang hakim, ruang kesekretariatan, serta ruang lain yang ada pada PA Soasio. Pada saat melanjutkan berkeliling ruangan PA Soasio tim assesor kemudian terbagi menjadi dua bagian dengan didampingi oleh masing-masing penanggung jawab. Mulai dari bagian pimpinan yang didampingi oleh Ketua dan Wakil Ketua PA Soasio, bagian kepaniteraan yang didampingi oleh Panitera PA Soasio serta bagian kesekertariatan yang didampingi oleh Sekretaris PA Soasio. Setelah selesai berkeliling dan melakukan ovservasi pada tiap ruangan PA Soasio, agenda kemudian dilanjutkan dengan closing ceremonial yang berupa closing meeting assesment surveillance ke-3 APM tahun 2021.   

Acara closing meeting ini dilaksanakan pada Ruang Sidang PA Soasio dengan terbagi menjadi 10 agenda yang dimulai dari pembukaan, menyanyikan lagu Indonesia Raya, menyanyikan Himne Mahkamah Agung, pembacaan doa, presentasi materi evaluasi implementasi APM oleh Ketua PA Soasio, penyampaian hasil observasi yang telah dilakukan oleh tim asesment eksternal APM tahun 2021, tanya jawab, kata penutup dari Ketua PA Soasio, penyampaian kesimpulan dari tim assesment dan diakhiri dengan penandatanganan kontrak kinerja perbaikan atas hasil observasi yang dilaksanakan oleh tim assesment serta foto bersama dengan seluruh pegawai PA Soasio. Pada agenda presentasi materi evaluasi implementasi APM, Ketua PA Soasio menyampaikan beberapa hal yang terdiri dari Visi Misi, Yurisdiksi PA Soasio, penghargaan PA Soasio, struktur organisasi, implementasi dari area I sampai dengan area 7 APM, inovasi yang dimiliki PA Soasio, keadaan PA Soasio yang lama dan terbaru serta penyampaian kesimpulan. Adapun kesimpulan yang disampaikan oleh Ketua PA Soasio terdiri dari tiga hal. Pertama PA Soasio tetap mempertahankan komitmen dalam memberikan pelayanan dan informasi kepada masyarakat pencari keadilan, kedua PA Soasio tetap mewujudkan kinerja peradilan yang prima, Ketiga adanya harapan PA Soasio tetap mempertahankan predikat “A” Excellent.

WhatsApp Image 2021-11-10 at 17.04.31 (1).jpeg

Acara selanjutnya penyampaian pengantar dari lead assesor, Bapak H. Jainudin Zaman, S.H., M.H. sebelum memasuki penyampaian hasil kekurangan atas hasil observasi yang telah dilakukan. Dalam penyampaian tersebut lead assesor melihat pegawai PA Soasio masih belum ada semangat untuk mempunyai rasa memiliki terhadap PA Soasio, meskipun penyampaian dari Ketua PA Soasio telah dilaksanakan secara bersemangat. Hal ini dapat dilihat dari masih adanya kekurangan dalam hal pemenuhan APM, padahal surveillance di PA Soasio sudah sampai ke tiga.    

Setelah disampaikannya pengantar oleh lead assesor agenda kemudian dilanjutkan dengan penyampaian hasil observasi dari tim assesor atas pemenuhan APM pada PA Soasio. Penyampaian pertama disampaikan oleh Sekretaris PTA Maluku Utara, Bapak Abdul Rifai, S.H.I. Sekretaris PTA Maluku Utara menyampaikan telah ditemukannya 20 temuan untuk dapat ditindak lanjuti yang menjadi kontrak kinerja PA Soasio. Pada dasarnya APM PA Soasio sudah sampai tahun ke-3, namun tim assesor melihat adanya hal yang terputus pada APM tahun pertama, kedua dan ketiga di PA Soasio. Salah satu contohnya adalah penerapan risk register. Dalam penerapan risk register tersebut dapat dilihat pada tahun 2020 masih belum ada tindak lanjuti atas register tersebut. Risk register tersebut apakah statusnya open (masih belum ditindak lajuti) atau close (sudah tidak terjadi lagi) atau masih bisa terjadi. Adapun pada tahun 2020 monitoring Risk registernya juga tidak ditemukan. Panitera PTA Maluku Utara menilai, apabila ada risk register tahun 2020 seharusnya pada tahun 2021 sudah ada hasil evaluasi atas risk register tersebut.

WhatsApp Image 2021-11-10 at 17.04.26.jpeg

Kedua, Sekretaris PTA Maluku Utara melihat hal berkaitan dengan Rapat Tinjauan Manajemen (RTM). Pelaksanaan RTM tidak harus dilaksanakan ketika APM. RTM dapat dilaksanakan setiap bulan atau setiap minggu atau bisa diganti judulnya dari rapat koordinasi menjadi rapat tinjauan manajemen. Adapun hasil temuan oleh tim assesor, RTM di PA Soasio ini tidak terprogram atau terstruktur. Padahal pada manual mutu APM, ketika ada perubahan dokumen (SK atau SOP dll) harus melalui RTM. Ketiga Sekretaris PTA Maluku Utara menemukan belum terlaksananya 5R dari ringkas. Hal ini dengan ditemukannya gudang di depan kepegawaian masih bertumpuk. Disisi lain Sekretaris PTA Maluku Utara juga menemukan masih terdapatnya dokumen yang belum tertata rapi pada ruang arsip.

Selanjutnya Sekretaris PTA Maluku Utara memberikan catatan pada PTSP. Sekretaris PTA Maluku Utara menyampaikan, “pada PTSP terlihat belum menyatunya meja kasir dengan meja pelayanan yang lain”. Disisi lain di PA Soasio juga masih belum terdapatnya layanan Posbakum, layanan bank atau Pos. Namun berkaitan dengan layanan posbakum, tim assesor memaklumi hal tersebut dikarenakan posbakum tidak masuk dalam alokasi anggaran di PA Soasio. Adapun Sekretaris PTA Maluku Utara berpesan kepada PA Soasio untuk dapat mengusahakan layanan bank dan pos dapat masuk ke dalam  layanan PA Soasio. Kelima Sekretaris PTA Maluku Utara melihat belum adanya tindak lanjut atas hasil SKM. Mengingat dari 9 item SKM ada nilai paling rendah dengan minimal 2 atau tiga item yang harus dipenuhi. Contohnya apabila nilai paling rendah berkaitan dengan keramahan petugas, maka tindak lanjutnya pelaksanaannya adalah DDTK tentang pelayanan atau service excelent. Terakhir dari Sekretaris PTA Maluku Utara melakukan kroscek langsung mengenai tata cara perolehan nilai SKM pada PA Soasio dengan menanyakan langsung kepada tim SKM PA Soasio.

WhatsApp Image 2021-11-10 at 17.03.50.jpeg

Penyampaian hasil observasi kemudian dilanjutkan oleh Panitera PTA Maluku utara, Bapak H. Jainudin Zaman, S.H., M.H. Panitera PTA Maluku utara menyampaikan, dalam pelaksanaan APM setiap pegawai harus mengetahui dasarnya. Panitera PTA Maluku Utara menyampaikan, pada pelaksanaan APM pada dasarnya mempunyai 4 level yang menjadi landasan atau yang menjadi dasarnya. Level pertama adalah manual mutu. Pada level 1 ini tim assesor tidak dapat menemukan manual mutu pada PA Soasio. Padahal didalam manual mutu sudah tercantum seluruh dokumen yang dimiliki dan menjadi kunci setiap organisasi. Level kedua adalah prosedur mutu yang berkaitan dengan setiap pekerjaan yang tercantum dalam SOP. Level ketiga adalah instruksi kerja. Instruksi kerja ini berkaitan dengan proses bisnis atau kegiatan administrasi lainnya berdasarkan SK Mahakamah Agung, Badilag, SK Ketua PTA dan Ketua PA. Level Keempat adalah formulir-formulir. Sementara formulir CPAR masih belum ditemukan pada PA Soasio.

Selanjutnya Panitera PTA Maluku Utara juga menemukan adanya perbedaan biaya berperkara dari biaya yang setor di kasir dengan biaya yang ditanyakan kepada Wakil Ketua PA Soasio atas hasil bertanya kepada pihak secara langsung. Apakah yang bersangkutan mendaftarkan perkaranya lewat orang lain di luar pengadilan atau orang di dalam pengadilan. Disisi lain Panitera PTA Maluku Utara juga menemukan belum adanya penjelasan secara rinci atas biaya berperkara di pengadilan (biaya panggilannya P berapa kali T berapa kali). Ketiga Panitera PTA Maluku Utara kemudian melihat hal yang berkaitan dengan SK tim. Dalam SK tersebut masih terlihat belum adanya perubahan pada bagian penjelasan pada SK Tim APM. Dapat dilihat di dalam SK tersebut struktur susunan terdiri dari pertama manajemen, kedua ketua APM, ketiga Kesekertariat APM. Akan tetapi pada bagian ketiga dari penjelasan, isinya adalah Asssesor internal. Disisi lain pengetikan SK tersebut masih belum indah untuk dipandang dan huruf yang diketik terlalu kecil untuk dilihat. Keempat Panitera PTA Maluku Utara mengkoreksi dalam penulisan Risk register pada PA Soasio. Panitera PTA Maluku Utara melihat adanya beberapa penulisan yang dianggap masih salah dalam penulisan resiko baik risk register dari bagian kepaniteraan maupun pada bagian kesekertariatan. Sebagai contohnya pada risk register kepaniteraan poin 11 berkaitan dengan resiko,  pada poin tersebut tertulis, “terlaksananya pelayanan PTSP yang prima”. Hal tersebut tentu tidak ada resiko yang timbul pada penulisan tersebut, namun masuk kedalam kolom pemecahan. Adapun pada bagian kesekertariatan di bagian resiko tertulis “pendaftaran LHKPN”, dimana tidak ada kejelasan dalam penulisan resiko tersebut. Atas hal tersebut Panitera PTA Maluku Utara berharap setiap pegawai dapat mencantumkan hal-hal apa yang terjadi atau resiko apa yang terjadi dalam melaksanakan tugas perkantoran dengan mengambil formulir CPAR. Agar nantinya dapat langsung diambil tindak lanjut atas resiko yang terjadi dan dapat ditulisakan dalam risk register. Di dalam CPAR sudah tertulis beberapa poin yang terdiri dari keluhan pelanggan, permasalahan sarana prasarana, temuan internal, output tidak sesuai, syarat observasi. Sebagai contoh penerapan dari CPAR ini adalak ketika dari kepegawaian meminta mesin printer karena rusak terus. Kemudian ketika meminta secara lisan tidak bisa, kemudian hal tersebut dibuat ke dalam CPAR dan dilaporkan kepada ketua APM. Nantinya laporan tersebut akan diberitahukan kepada Sekretaris APM untuk dapat ditindak lanjuti atas apa yang telah disampaikan. Terakhir Panitera PTA Maulu Utara mengkoreksi masalah pemberkasan perkara. Didalam berkas perkara yang telah diminutasi ditemukan adanya tanda tangan hakim ketua pada putusannya padahal majelis hakim dan panitera yang bersidang belum ada tanda tangannya. Selanjutnya dalam pemberkasan Panitera PTA Maluku Utara juga mengkoreksi pada bagian akta cerai. Di dalam berkas perkara, akta cerai seharusnya ikut dimasukan kedalam bundel berkas perkara dengan cara akta cerai di fotocopy. Hal ini bertujuan agar ketika sedang membongkar berkas, kita dapat melihat suatu perkara tersebut sudah ada akta cerainya atau tidak.    

WhatsApp Image 2021-11-10 at 16.36.19.jpeg

Acara kemudian dilakukan sesi tanya jawab antara setiap pegawai PA Soasio dengan Tim Assesor. Setelah tanya jawab dilakukan acara dilanjutkan dengan kesimpulan dari Ketua PA Soasio, Bapak Dacep Burhanudin, S.Ag., M.H.I.. Dalam awal kesimpulannya Ketua PA Soasio mengucapkan terima kasih kepada tim surveillance yang sudah meninjau, mengobservasi dan mewawancarai berkaitan dengan masalah APM pada PA Soasio. Kedua Ketua PA Soasio menyampaikan, pegawai dari PA Soasio menginginkan mendapatkan pengakuan telah melaksanakan pelayanan yang bermutu kepada masyarakat. Terakhir Ketua PA Soasio menanyakan testimoni kepada seluruh pegawai PA Soasio berkaitan dengan apakah PA Soasio layak untuk mendapatkan “A Excellent”. Atas konsekuensi dari jawaban layaknya PA Soasio untuk mendapatkan “A Excellent” sebagai hasil testimoni kepada setiap pegawai PA Soasio. Maka setiap pegawai PA Soasio harus terus meningkatkan kualitas pelayanan, kualitas disiplin dan meningkatkan kualitas kinerja pada PA Soasio. Selanjutnya Ketua PA Soasio tidak lupa mengajak kepada seluruh pegawai untuk selalu membuka, merubah mindset dan pola kerja setiap pegawai PA Soasio kedepan. Terakhir Ketua PA Soasio berharap atas hasil jawaban testimoni tersebut dapat menjadi pertimbangan  lead assesor untuk dapat memberikan nilai “A Excellent” pada PA Soasio.       

Setelah adanya kesimpulan dari Ketua PA Soasio acara kemudian dilanjutkan kesimpulan dari lead assesor. Pada awal kesimpulannya lead assesor meminta pimpinan baik dari Ketua, Wakil Ketua, Panitera dan Sekretaris untuk mengkroscek setiap pekerjaan dari pegawai pada setiap harinya. Kedua berkaitan dengan penyampaian biaya kepada para pihak, Panitera PTA menganggap perlu adanya sebuah inovasi yang perlu diterapkan pada PA Soasio. Inovasi tersebut berupa perlu adanya penyampaian secara rinci uraian biaya yang ditulis dalam catatan yang ditanda tangan petugas yang nantinya akan diserahkan kepada kasir. Ketiga Panitera Maluku Utara mengajak seluruh pegawai PA Soasio bersama-sama bekerja dan bekerjasama untuk melaksanakan setiap pekerjaan sebagai pegawai. Keempat atas penyampaian hasil perubahan yang telah disampaikan oleh tim assesor untuk dapat ditindak lanjuti oleh PA Soasio.

Terakhir acara kemudian ditutup dengan penandatanganan kontrak kinerja perbaikan atas hasil observasi yang telah dilakukan tim assesor eksternal surveillance ke-3 APM tahun 2021. Penandatangan pertama dari PA Soasio yang dimulai dari penandatanganan dari Ketua PA Soasio, Bapak, Dacep Burhanudin, S.Ag., M.H.I. yang dilanjutkan Wakil Ketua PA Soasio, Ibu Muna Kabir, S.H.I. selaku Ketua Tim APM tahun 2021 yang dilanjutkan dengan Bapak Choirul Isnan, S.H. selaku koordinator assesor internal, yang dilanjutkan dengan Bapak Hasanuddin, S.Sy. selaku Koordinator Tim SKM, yang dilanjutkan dengan Bapak Ahmad Zaki Amin Amrullah, S.H.I. selaku koordinator pengendali dokumen pada PA Soasio. Penandatangan selanjutnya dilanjutkan oleh Tim Assesor surveillance ke-3 APM tahun 2021 yang dimulai dari Bapak H. Jainudin Zaman, S.H., M.H. selaku Lead Assesor yang dilanjutkan dengan penandatanganan dari Bapak Abdul Rifai, S.H.I. selaku Pendamping Assesor dan terakhir penandatanganan dari Bapak Muhammad Agus Hayyudin, S.Kom. selaku pendamping assesor. Setelah penandatangan selesai secara simbolis Kontrak kinerja perbaikan APM tahun 2021 diserahkan secara langsung dari Bapak H. Jainudin Zaman, S.H., M.H. selaku Lead Assesor kepada Ketua PA Soasio, Bapak, Dacep Burhanudin, S.Ag., M.H.I. untuk selanjutnya dapat diperbaiki temuan-temuan yang ditemukan oleh tim assesor pada observasi yang telah dilaksanakan pada PA Soasio. Terakhir acara kemudian ditutup dengan berfoto bersama seluruh pegawai PA Soasio dan Tim assesor eksternal Surveillance ke-3 APM tahun 2021. (MM)  

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Soasio

Jl. Jenderal Ahmad Yani No. 10, Kelurahan Tomagoba, Kecamatan Tidore, Kota Tidore Kepulauan, Provinsi Maluku Utara

Tlp. 0921-3161025, Fax. 0921-3161141

Email :

This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Tim IT Pengadilan Agama Soasio © 2021