logo pa soasio

Portal Pengadilan Agama Soasio

Selamat datang di Website Resmi Pengadilan Agama Soasio, sebagai media informasi berbasis teknologi.
Portal Pengadilan Agama Soasio

Aplikasi Gugatan Mandiri

Pelayanan yang lebih mudah, cepat dan biaya ringan, Ditjen Badan Peradilan Agama menyediakan Layanan Pembuatan Gugatan / Permohonan secara mandiri.
Aplikasi Gugatan Mandiri

Aplikasi SIPP

Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), merupakan aplikasi administrasi dan penyediaan informasi perkara baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.
Aplikasi SIPP

SIWAS

Aplikasi yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI, untuk melaporkan suatu perbuatan berindikasi pelanggaran yang terjadi di lingkungan Mahkamah Agung Republik Indonesia atau Peradilan dibawahnya.
SIWAS

e-Court

e-Court adalah layanan bagi pengguna terdaftar untuk pendaftaran perkara secara Online. Mendapatkan taksiran panjar biaya perkara, pembayaran secara Online, dan pemanggilan yang dilakukan secara elektronik. e-Filling (Pendaftaran perkara Online di Pengadilan) e-Payment (Pembayaran panjar biaya perkara Online) e-Summons (Pemanggilan pihak secara Online)
e-Court

Perkara Prodeo

Prodeo sesuai dengan Peraturan Mahkamah Agung Republik Indonesia No. 1 Tahun 2014 tentang Pedoman Pemberian Layanan Hukum Bagi Masyarakat Tidak Mampu Di Pengadilan, adalah proses berperkara di pengadilan secara cuma-cuma dengan dibiayai negara melalui anggaran Mahkamah Agung RI.
Perkara Prodeo

SIPP Kemenpan RB

SIPP Merupakan media informasi elektronik satu pintu meliputi penyimpanan dan pengelolaan informasi serta mekanisme penyampaian informasi dari penyelenggara pelayanan publik kepada masyarakat
SIPP Kemenpan RB

Informasi COVID 19 Mahkamah Agung

Mahkamah Agung dan Badan Peradilan dibawahnya merupakan salah satu bagian yang terdampak oleh virus COVID-19 sehingga Mahkamah Agung menyediakan Website Sebaran COVID -19 di Lingkungan Peradilan yang berfungsi untuk melakukan monitoring terhadap kondisi seluruh aparatur pengadilan yang ada di satuan kerja baik PNS maupun Non PNS yang terdampak COVID-19
Informasi COVID 19 Mahkamah Agung

PTSP

Pelayanan Terpadu Satu PIntu (PTSP) adalah pelayanan secara terintegrasi dalam satu kesatuan proses dimulai dari tahap permohonan informasi, pengaduan, pendaftaran perkara, pembayaran dan pengembalian sisa panjar biaya perkara, hingga penyerahan/pengembalian produk pengadilan melalui satu pintu. PTSP sendiri ditujukan untuk mewujudkan proses peradilan yang sederhana, cepat dan biaya ringan, memberikan pelayanan administrasi yang bebas dari korupsi kepada pengguna layanan dan menjaga indepedensi dan imparsialitas aparat.
PTSP

11 Aplikasi Inovasi Badilag

Dalam rangka menunjang fasilitas pelayanan untuk para pencari keadilan, Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama mengeluarkan 11 Aplikasi Inovasi. Implementasi dari 11 aplikasi tersebut telah diterapkan oleh Pengadilan Agama Soasio.
11 Aplikasi Inovasi Badilag

Reformasi Birokrasi

Reformasi birokrasi merupakan upaya untuk melakukan pembaharuan dan perubahan mendasar terhadap sistem penyelenggaraan pemerintahan terutama menyangkut aspek-aspek kelembagaan (organisasi), ketatalaksanaan (business prosess) dan sumber daya manusia aparatur.
Reformasi Birokrasi

Budaya kerja 5S 5R

Pengadilan Agama Soasio telah membangun Budaya Kerja 5S dan 5R untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat
Budaya kerja 5S 5R

icon galeri

 

jdih

 

majalah

 

majalah

 

icon galeri

 

jdih

 

majalah

 

majalah

 

on . Hits: 59

Keikutsertaan Pengadilan Agama Soasio Dalam Kegiatan Pembinaan Teknis Pegembangan Dan Pengelolaan PNBP

 

WhatsApp Image 2021-12-23 at 08.42.04 (5).jpeg

Tidore – Kamis (23/12/2021) | Pengadilan Agama Soasio mengikuti kegiatan secara virtual pembinaan teknis pegembangan dan pengelolaan PNBP yang dilaksanakan oleh Pengadilan Tinggi Agama Maluku Utara (PTA Maluku Utara). Kegiatan ini dilaksanakan atas dasar surat dari Ketua Pengadilan Tinggi Agama Maluku Utara Nomor : W29-A/1483/OT.01.03/12/2021 perihal pemanggilan peserta Bimbingan Teknis Pengembangan dan Pengelolaan PNBP. Dalam surat tersebut dijelaskan bahwasannya kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk pelaksanaan kegiatan bimbingan teknis dan pengelolaan penerimaan negara bukan pajak (PNBP) pengadilan agama Se-wilayah hukum Pengadilan Tinggi Agama Maluku Utara.

Bertempat di Ruang Media Center PA Soasio kegiatan Bimtek secara virtual ini dimulai pada Pukul 08.00 WIT dengan diikuti oleh Panitera PA Soasio, Bapak Mursal Ayub, S.Ag., Panmud Gugatan PA Soasio yang sekaligus menjabat sebagai Bendahara Penerimaan, Ibu Hasmi Mokoginta, S.Ag., Kasubag Umum dan Keuangan pa Soasio, Ibu Asma Thalib, S.H., Juru Sita PA Soasio yang juga bertugas sebagai Kasir PA Soasio, Ibu Febriany, A.Md., Staff Panmud Hukum PA Soasio yang bertugas sebagai operator Simari, Muhammad Miftahudin, S.H. serta didampingi secara langsung oleh Ketua PA Soasio, Bapak Dacep Burhanudin, S.Ag., M.H.I.. Adapun dalam kesempatan pelaksanaan Bimtek ini Sekretaris PA Soasio, Bapak Ayatullah Khomeini, S.H. berhalangan hadir mengikuti kegiatan dikarenakan dalam kondisi sakit.

WhatsApp Image 2021-12-23 at 08.42.04 (4).jpeg

 

Kegiatan Bimbingan teknis dilaksanakan dengan 6 sesi yang dimulai dengan menyanyikan lagi Indonesia Raya dan Himne Mahkamah Agung yang dilanjutkan dengan pengantar dari Ketua PTA Maluku Utara, Bapak Drs.  H.  Subuki,  M.H.. Dalam pengantarnya KA PTA Maluku Utara menjelaskan mengenai urgensitas dari pelaksanaan bimbingan teknis yang dilaksanakan dengan harapan peserta bimbingan teknis dapat mengikuti kegiatan secara cermat dan seksama. Sehingga nantinya PTA Maluku Utara  dan keempat satker di bawahnya dapat memahami hal-hal yang berkaitan dengan PNBP. setelah penyampaian pengantar dari KA PTA Maluku Utara tersebut acara kemudian dilanjutkan ke acara inti bimbingan teknis dengan semua pematerinya berasal dari Kanwil DJPB Provinsi Maluku Utara.

Kegiatan inti pertama adalah pelaksanaan sesi kesatu dengan pemapaparan dari Kanwil DJPB Provinsi Maluku Utara, Bapak Raymond Jackson Effendy yang berkaitan dengan kebijakan umum PNBP mengenai Undang-undang No 9 tahun 2018 tentang Penerimaan Negara Bukan Pajak. Secara garis besar materi yang disampaikan berkaitan dengan penjelasan mengenai landasan hukum dari PNBP yang dimulai dari sejarah dan perkembangan pengaturan PNBP serta penjelasan secara singkat substansi dari aturan mengenai PNBP yang terdiri 13 bab 73 pasal. Adapun dalam penjelasan secara substansi dari aturan PNBP  dijelask mendasar mengenai PNBP, pengelompokan klaster PNBP yang terdiri dari 6 klaster, pengaturan tarif PNBP dengan dijelaskan dasar pertimbangan penentuan tarif serta tempat menemukan mengenai landasan hukum dalam penetapan tarif, tugas dan kewenangan pengelola PNBP, tahapan pengelolaan PNBP, jenis pengawasan PNBP yang terbagi menjadi dua yang terdiri pengawasan intern instansi pengelola PNBP (APIP) dan Pengawasan oleh mentri keuangan, hal-hal yang berkaitan dengan pemeriksaan PNBP (objek, inisiator, dasar pemeriksaan, ruang lingkung, dan hasil pemeriksaan), hal-hal yang berkaitan pengajuan keberatan, keringanan dan pengembalian PNBP serta pengaturan sanksi PNBP.

WhatsApp Image 2021-12-23 at 08.42.04 (2).jpeg

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan pelaksanaan sesi kedua pemaparan dari perwakilan Kanwil DJPB Maluku Utara, Bapak Ari Setiawan dengan materi Perencaan PNBP. Adapun dalam penjelasannya materi yang disampaikan terdiri dari landasan hukum perencanaan PNBP, proses perencanaan PNBP, target PNBP, instansi pengelola PNBP, tata cara penghitungan target PNBP, alur penyusunan rencana PNBP, Siklus penyusunan rencana PNBP, hal yang harus diperhatikan dalam penyusunan PNBP yang terdiri pertimbangan capaian pada tahun sebelumnya, waktu penyusunan, optimalisasi pemanfaatan dengan sumber daya yang dimiliki dan kesesuaian dengan ketentuan yang berlaku.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan pemaparan sesi ke-3 dari perwakilan Kanwil DPJB Maluku Utara, Bapak Dwi Fitriadi Budi Santosa dengan materi Pelaksanaan PNBP. Pada pemapaparannya materi pada sesi ke-3 berfokus kepada 5 Penentuan PNBP Terhutang, pemungutan PNBP, tata cara pembayaran dan penyetoran PNBP, Pengelolaan Piutang PNBP serta Penetapan dan penagihan PNBP Terutang, Penggunaan PNBP dengan pertimbangan, Alur proses persetujuan penggunaan PNBP.

WhatsApp Image 2021-12-23 at 08.42.04 (1).jpeg

Kegiatan selanjutnya adalah pemaparan sesi ke-4 dari perwakilan Kanwil DPJB Maluku Utara, Bapak Andy Priyambodo berkaitan dengan materi pertanggung jawaban PNBP. Pada sesi ke-4 ini pemapaparan yang disampaikan terdiri dari penatausahaan PNBP, pencatatan PNBP, pelaporan dan pertanggung jawaban PNBP serta tahapan pertanggung jawaban PNBP.

Kegiatan selanjutnya adalah pemaparan sesi ke-5 dari perwakilan Kanwil DPJB Maluku Utara, Bapak Sandi berkaitan dengan materi penetapan pencairan maksimal PNBP. Hal yang disampaikan pada sesi ke-4 ini dimulai dari prinsip-prinsip pencairan anggaran sumber dana PNBP, Mekanisme penetapan pola penggunaan PNBP baik secara terpusat atau tidak terpusat, mekanisme penetapan maksimum pencairan PNBP, hal-hal mengenai perubahan maksimal pencairan PNBP, percepatan penerbitan maksimum pencairan PNBP, pelaksanaan monitoring dan evaluasi yang dimulai dari pelaksanaan capaian kinerja dan realisasi belanja.

WhatsApp Image 2021-12-23 at 08.42.04 (3).jpeg

Kegiatan selanjutnya adalah pemaparan sesi ke-6 (terakhir) dari perwakilan Kanwil DPJB Maluku Utara, Ibu Ismi Maghfirah dan Ibu Angeline Patricia dengan menjelaskan hal-hal yang berkaitan dengan materi aplikasi pendukung PNBP. Dalam penjelasan yang telah disampaikan 6 aplikasi yang dijelaskan sebagai aplikasi pendukung PNBP tersebut terdiri dari aplikasi TPNBP sebagai aplikasi yang digunakan dalam penyusunan target PNBP, aplikasi e-spm yang digunakan sebagai aplikasi yang berkaitan dengan proses kegiatan pelaksanaan dan monitoring maksimum pencairan PNBP, aplikasi Simponi yang digunakan dalam hal penerimaan dan penyetoran PNBP, aplikasi Omspan yang digunakan sebagai aplikasi untuk mengkonfirmasi jumlah PNBP yang telah disetor kedalam kas negara, aplikasi SAS yang digunakan dalam proses perekaman transaksi penerimaan PNBP yang nantinya akan disimpan dalam database serta aplikasi yang digunakan dalam pembuatan LPJ Bendahara Penerimaan, aplikasi Saiba yang digunakan dalam penyusunan laporan keuangan berbasis akrual, Aplikasi sakti yang digunakan untuk pengelolaan keuangan satuan kerja. Adapun perbedaan aplikasi SAS dan Sakti adalah penggunaan aplikasi Sakti yang lebih evisien yang tidak perlu adanya pemindahan data dari satu perangkat ke perangkat lainnya dikarenakan menggunakan data base secara online. Setelah penyampaian 6 sesi tersebut acara kemudian ditutup langsung oleh Panitera PTA Maluku Utara, Bapak H. Jainudin Zaman, S.H., M.H. (MM)  

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Soasio

Jl. Jenderal Ahmad Yani No. 10, Kelurahan Tomagoba, Kecamatan Tidore, Kota Tidore Kepulauan, Provinsi Maluku Utara

Tlp. 0921-3161025, Fax. 0921-3161141

Email : 

This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Instagram :

pa_soasio

Facebook : 

Pengadilan Agama Soasio

Tim IT Pengadilan Agama Soasio © 2021