logo pa soasio

Portal Pengadilan Agama Soasio

Selamat datang di Website Resmi Pengadilan Agama Soasio, sebagai media informasi berbasis teknologi.
Portal Pengadilan Agama Soasio

Aplikasi Gugatan Mandiri

Pelayanan yang lebih mudah, cepat dan biaya ringan, Ditjen Badan Peradilan Agama menyediakan Layanan Pembuatan Gugatan / Permohonan secara mandiri.
Aplikasi Gugatan Mandiri

Aplikasi SIPP

Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), merupakan aplikasi administrasi dan penyediaan informasi perkara baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.
Aplikasi SIPP

SIWAS

Aplikasi yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI, untuk melaporkan suatu perbuatan berindikasi pelanggaran yang terjadi di lingkungan Mahkamah Agung Republik Indonesia atau Peradilan dibawahnya.
SIWAS

e-Court

e-Court adalah layanan bagi pengguna terdaftar untuk pendaftaran perkara secara Online. Mendapatkan taksiran panjar biaya perkara, pembayaran secara Online, dan pemanggilan yang dilakukan secara elektronik. e-Filling (Pendaftaran perkara Online di Pengadilan) e-Payment (Pembayaran panjar biaya perkara Online) e-Summons (Pemanggilan pihak secara Online)
e-Court

Perkara Prodeo

Prodeo sesuai dengan Peraturan Mahkamah Agung Republik Indonesia No. 1 Tahun 2014 tentang Pedoman Pemberian Layanan Hukum Bagi Masyarakat Tidak Mampu Di Pengadilan, adalah proses berperkara di pengadilan secara cuma-cuma dengan dibiayai negara melalui anggaran Mahkamah Agung RI.
Perkara Prodeo

SIPP Kemenpan RB

SIPP Merupakan media informasi elektronik satu pintu meliputi penyimpanan dan pengelolaan informasi serta mekanisme penyampaian informasi dari penyelenggara pelayanan publik kepada masyarakat
SIPP Kemenpan RB

Informasi COVID 19 Mahkamah Agung

Mahkamah Agung dan Badan Peradilan dibawahnya merupakan salah satu bagian yang terdampak oleh virus COVID-19 sehingga Mahkamah Agung menyediakan Website Sebaran COVID -19 di Lingkungan Peradilan yang berfungsi untuk melakukan monitoring terhadap kondisi seluruh aparatur pengadilan yang ada di satuan kerja baik PNS maupun Non PNS yang terdampak COVID-19
Informasi COVID 19 Mahkamah Agung

PTSP

Pelayanan Terpadu Satu PIntu (PTSP) adalah pelayanan secara terintegrasi dalam satu kesatuan proses dimulai dari tahap permohonan informasi, pengaduan, pendaftaran perkara, pembayaran dan pengembalian sisa panjar biaya perkara, hingga penyerahan/pengembalian produk pengadilan melalui satu pintu. PTSP sendiri ditujukan untuk mewujudkan proses peradilan yang sederhana, cepat dan biaya ringan, memberikan pelayanan administrasi yang bebas dari korupsi kepada pengguna layanan dan menjaga indepedensi dan imparsialitas aparat.
PTSP

11 Aplikasi Inovasi Badilag

Dalam rangka menunjang fasilitas pelayanan untuk para pencari keadilan, Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama mengeluarkan 11 Aplikasi Inovasi. Implementasi dari 11 aplikasi tersebut telah diterapkan oleh Pengadilan Agama Soasio.
11 Aplikasi Inovasi Badilag

Reformasi Birokrasi

Reformasi birokrasi merupakan upaya untuk melakukan pembaharuan dan perubahan mendasar terhadap sistem penyelenggaraan pemerintahan terutama menyangkut aspek-aspek kelembagaan (organisasi), ketatalaksanaan (business prosess) dan sumber daya manusia aparatur.
Reformasi Birokrasi

Budaya kerja 5S 5R

Pengadilan Agama Soasio telah membangun Budaya Kerja 5S dan 5R untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat
Budaya kerja 5S 5R

icon galeri

 

jdih

 

majalah

 

majalah

 

icon galeri

 

jdih

 

majalah

 

majalah

 

on . Hits: 33

Pelaksanaan Rapat Monitoring Dan Evaluasi Pada Pengadilan Agama Soasio

 

WhatsApp Image 2021-12-24 at 08.54.14.jpeg

 

Tidore – Jumat (24/12/2021) | Pengadilan Agama Soasio melaksanakan agenda rapat monitoring dan evaluasi (Monev) secara keseluruhan baik dari bagian Kepaniteraan ataupun dari bagian Kesekertariatan. Kegiatan ini dilaksanakan atas dasar surat undangan Ketua Pengadilan Agama Soasio nomor : W-29-A2/1179/HM.02/XII/2021 tertanggal 21 Desember 2021. Agenda rapat Monev ini pada dasarnya agenda rutin triwulan yang dilaksanakan oleh Pengadilan Agama Soasio secara keseluruhan baik dari bagian kepaniteraan ataupun dari bagian Kesekertariatan dengan tujuan melaksanakan monitoring dan evaluasi atas hasil kinerja yang telah dilaksanakan selama tiga bulan terakhir.

Pada pelaksanaannya rapat dilaksanakan pada Ruang Sidang PA Soasio pukul 10.00 WIT dengan dipimpin langsung oleh Sekretaris PA Soasio, Bapak Ayatullah Khomeini, S.H. dan dihadiri oleh 22 peserta yang terdiri dari Ketua PA Soasio, Para Hakim PA Soasio, Panitera PA Soasio, Sekretaris PA Soasio, seluruh pejabat structural dan fungsional PA Soasio serta seluruh pegawai PA Soasio. Adapun pada kesempatan tersebut Wakil Ketua PA Soasio, Ibu Muna Kabir, S.H.I. sedang berhalangan hadir dalam mengikuti agenda rapat Monev PA Soasio dikarenakan masih dalam kondisi sakit.   

 WhatsApp Image 2021-12-24 at 08.54.14 (2).jpeg    

Rapat dimulai dengan penyampaian kata pengantar secara langsung dari Ketua PA Soasio, Bapak Dacep Burhanudin, S.Ag., M.H.I.. Pada awal pengantarnya Ketua PA Soasio menyampaikan hal yang berkaitan dengan pentingnya dan urgensitas mengenai pelaksanaan rapat ini. hal tersebut dapat dilihat dari penyampaian dari Ketua PA soasio yang menyampaikan, “pada kesempatan rapat sekarang ini kita harus mengkaji kembali manajemen kita yang sudah berjalan untuk memastikan proses kinerja kita telah sesuai dengan apa yang sudah kita rencanakan dalam sasaran mutu. Sehingga perlu adanya pengkajian lebih lanjut yang erat kaitannya dengan peluang dan perbaikan kedepan, penempatan SDM sesuai dengan konsep The right man on the right job”.

Selanjutnya Ketua PA Soasio kemudian melanjutkan pengantarnya dengan masuk kedalam penyampaian atas hasil monitoring dan evaluasi kinerja PA Soasio yang telah dilakukan. Atas hasil tersebut PA Soasio menyampaikan 5 hal. Pertama Ketua PA Soasio menyampaikan hal yang erat kaitannya dengan penilaian SIPP. Ketua PA Soasio menyampaikan bahwasannya kedepan PA Soasio akan mulai dari nol dan nantinya akan berpacu kembali bagaimana proses penyelesaian perkara dapat dilaksanakan selama 2-3 minggu yang kemudian dilanjutkan dengan pelaksanaan one day minut one day publish. Selanjutnya berkaitan dengan pelaksanaan one day minut one day publish Ketua PA Soasio menyampaikan pesan kepada seluruh pegawai untuk melakukan pengkajian secara teliti dalam memeriksa berkas sebelum melakukan penguploadan dokumen. Sehingga dokumen yang telah terupload tersebut nantinya adalah dokumen yang benar dan tepat serta tidak terjadinya penindisan dokumen. Disisi lain Ketua PA Soasio kemudian mengingatkan kembali kepada seluruh pegawai untuk dapat menyerahkan berkas yang telah selesai kepada Panmud Hukum ketika untuk dapat dilakukan pengarsipan berkas perkara.

WhatsApp Image 2021-12-24 at 08.54.14 (1).jpeg

 

Kedua, Ketua PA Soasio kemudian menyampaikan evaluasi dan monitoringnya yang erat kaitannya dengan PTSP. Ketua PA Soasio menyampaikan pesan kepada petugas PTSP untuk dapat lebih standby lagi didepan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat pencari keadilan. Jangan sampai nantinya ada masyarakat yang tidak mendapatkan layanan dari petugas PTSP.

Ketiga, Ketua PA Soasio kemudian menyampaikan pesan kepada Sekretaris PA Soasio untuk dapat menertibkan administrasi yang ada pada bagian Kesekertariatan. File-file yang ada pada bagian kesekertariatan dianggap masih belum terkumpul dalam satu file dan masih berceceran. Adapun contoh tersebut dapat dilihat dalam hal tata kelola persuratan yang ada pada bagian kesekertariatan.

WhatsApp Image 2021-12-24 at 09.08.42.jpeg

 

Keempat, Ketua PA Soasio kemudian menyinggung hal yang berkaitan dengan sarana prasarana yang ada pada PA Soasio. Ketua PA Soasio menginginkan kedepan PA Soasio dapat menampilkan keindahan, kenyamanan dan  kebersihan yang ada pada PA Soasio khususnya berkaitan dengan pelayanan kepada masyarakat (Ruang sidang dan ruang tunggu sidang). Dapat dilihat dalam ruang sidang ditemukannya beberapa sudut ruangan yang sudah mulai terjadi pengeroposan. Dengan kondisi tersebut Ketua PA Soasio menyampaikan pesan kepada bagian Kesekertariatan untuk dapat menggunakan dana yang tersedia semaksimal mungkin untuk dapat melakukan perbaikan. Selanjutnya berkaitan dengan hal sarana prasarana Ketua PA Soasio kemudian juga meninginkan adanya performa yang maksimal dalam hal peningkatan dan penguatan kualitas jaringan internet. Mengingat setiap pekerja yang dilakukan lebih dalam pengoperasian kepada hal yang berkaitan dengan jaringan internet. Adapun berkaitan dengan hal jaringan internet, Ketua PA Soasio kemudian memberikan tambahan sebuah wacana berupa inovasi dalam bentuk pemberian layanan internet gratis kepada pihak pencari keadilan yang datang ke PA Soasio. Sehingga para pihak pencari keadilan tidak perlu mengeluarkan kuota dan dapat menggunakannya secara efektif dalam hal proses kelancaran berperkara para pihak.

Kelima Ketua PA Soasio kemudian menyinggung hal penggunaan dana DIPA 01 dan 04. Pada tahun 2022 diketahui PA Soasio mendapatkan kenaikan dalam pemeliharaan gedung dan halaman. Erat kaitannya dengan hal tersebut Ketua PA Soasio menginginkan dana Dipa tersebut dapat digunakan secara maksimal oleh PA Soasio. Disisi lain berkaitan dengan dana Dipa, PA Soasio juga pada tahun 2022 mendapatkan dana untuk pengadaan Posbakum. Dengan mendapatkannya dana Posbakum tersebut, Ketua PA Soasio menyampaikan kepada KPA perlu adanya bentuk transparansi dalam bentuk lelang dalam penggunaan dana tersebut.

WhatsApp Image 2021-12-24 at 09.08.43.jpeg

 

Setelah penyampaian pengantar dari Ketua PA Soasio kegiatan kemudian dilanjutkan pemaparan dari setiap pegawai yang ada pada PA Soasio. Setelah pemapaparan dilaksanakan terdapat beberapa catatan atas kinerja yang telah dilaksanakan pada PA Soasio. Catatatan tersebut terdiri perlunya perbaikan dalam hal manajemen yang ada pada PA Soasio (tata kelola SK, dokumen dan persuratan), perlunya pembahasan lebih intensif dalam penggunaan dana prodeo, perlunya persiapan hal yang diperlukan dalam laporan tahunan, perlunya persiapan lebih matang lagi dalam keikutsertaan PA Soasio pada pelaksanaan ZI, WBK dan WBBM, Perlunya perbaikan ruang sidang sehingga memenuhi standar yang telah sesuai dengan arahan dari Badilag dan MA RI, perkuat fasilitas yang ada pada PTSP dalam hal percepatan proses pelayanan, serta penertiban kembali dalam proses absensi pegawai. Setelah pemaparan selesai acara kemudian ditutup kembali oleh Sekretaris PA Soasio, Bapak Ayatullah Khomeini, S.H.. (MM)

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Soasio

Jl. Jenderal Ahmad Yani No. 10, Kelurahan Tomagoba, Kecamatan Tidore, Kota Tidore Kepulauan, Provinsi Maluku Utara

Tlp. 0921-3161025, Fax. 0921-3161141

Email : 

This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Instagram :

pa_soasio

Facebook : 

Pengadilan Agama Soasio

Tim IT Pengadilan Agama Soasio © 2021