logo pa soasio

Portal Pengadilan Agama Soasio

Selamat datang di Website Resmi Pengadilan Agama Soasio, sebagai media informasi berbasis teknologi.
Portal Pengadilan Agama Soasio

Aplikasi Gugatan Mandiri

Pelayanan yang lebih mudah, cepat dan biaya ringan, Ditjen Badan Peradilan Agama menyediakan Layanan Pembuatan Gugatan / Permohonan secara mandiri.
Aplikasi Gugatan Mandiri

Aplikasi SIPP

Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), merupakan aplikasi administrasi dan penyediaan informasi perkara baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.
Aplikasi SIPP

SIWAS

Aplikasi yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI, untuk melaporkan suatu perbuatan berindikasi pelanggaran yang terjadi di lingkungan Mahkamah Agung Republik Indonesia atau Peradilan dibawahnya.
SIWAS

e-Court

e-Court adalah layanan bagi pengguna terdaftar untuk pendaftaran perkara secara Online. Mendapatkan taksiran panjar biaya perkara, pembayaran secara Online, dan pemanggilan yang dilakukan secara elektronik. e-Filling (Pendaftaran perkara Online di Pengadilan) e-Payment (Pembayaran panjar biaya perkara Online) e-Summons (Pemanggilan pihak secara Online)
e-Court

Perkara Prodeo

Prodeo sesuai dengan Peraturan Mahkamah Agung Republik Indonesia No. 1 Tahun 2014 tentang Pedoman Pemberian Layanan Hukum Bagi Masyarakat Tidak Mampu Di Pengadilan, adalah proses berperkara di pengadilan secara cuma-cuma dengan dibiayai negara melalui anggaran Mahkamah Agung RI.
Perkara Prodeo

SIPP Kemenpan RB

SIPP Merupakan media informasi elektronik satu pintu meliputi penyimpanan dan pengelolaan informasi serta mekanisme penyampaian informasi dari penyelenggara pelayanan publik kepada masyarakat
SIPP Kemenpan RB

Informasi COVID 19 Mahkamah Agung

Mahkamah Agung dan Badan Peradilan dibawahnya merupakan salah satu bagian yang terdampak oleh virus COVID-19 sehingga Mahkamah Agung menyediakan Website Sebaran COVID -19 di Lingkungan Peradilan yang berfungsi untuk melakukan monitoring terhadap kondisi seluruh aparatur pengadilan yang ada di satuan kerja baik PNS maupun Non PNS yang terdampak COVID-19
Informasi COVID 19 Mahkamah Agung

PTSP

Pelayanan Terpadu Satu PIntu (PTSP) adalah pelayanan secara terintegrasi dalam satu kesatuan proses dimulai dari tahap permohonan informasi, pengaduan, pendaftaran perkara, pembayaran dan pengembalian sisa panjar biaya perkara, hingga penyerahan/pengembalian produk pengadilan melalui satu pintu. PTSP sendiri ditujukan untuk mewujudkan proses peradilan yang sederhana, cepat dan biaya ringan, memberikan pelayanan administrasi yang bebas dari korupsi kepada pengguna layanan dan menjaga indepedensi dan imparsialitas aparat.
PTSP

11 Aplikasi Inovasi Badilag

Dalam rangka menunjang fasilitas pelayanan untuk para pencari keadilan, Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama mengeluarkan 11 Aplikasi Inovasi. Implementasi dari 11 aplikasi tersebut telah diterapkan oleh Pengadilan Agama Soasio.
11 Aplikasi Inovasi Badilag

IKM TRIWULAN 1 2021

Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) adalah data dan informasi tentang tingkat kepuasan masyarakat yang diperoleh dari hasil pengukuran secara kuantitatif dan kualitatif atas pendapat masyarakat dalam memperoleh pelayanan dari aparatur penyelenggara pelayanan publik dengan membandingkan antara harapan dan kebutuhannya.
IKM TRIWULAN 1 2021

IPK TRIWULAN 1 2021

Indeks Persepsi Korupsi (IPK) merepresentasikan pemahaman masyarakat tentang tingkat korupsi dan komitmen pemerintah dalam pemberantasan korupsi. Pengadilan Agama Soasio berkomitmen dalam pelayanannya bebas Korupsi.
IPK TRIWULAN 1 2021

Reformasi Birokrasi

Reformasi birokrasi merupakan upaya untuk melakukan pembaharuan dan perubahan mendasar terhadap sistem penyelenggaraan pemerintahan terutama menyangkut aspek-aspek kelembagaan (organisasi), ketatalaksanaan (business prosess) dan sumber daya manusia aparatur.
Reformasi Birokrasi

Budaya kerja 5S 5R

Pengadilan Agama Soasio telah membangun Budaya Kerja 5S dan 5R untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat
Budaya kerja 5S 5R

icon galeri

 

Pengadilan Agama memberikan kemudahan akses informasi jadwal sidang untuk para pihak yang sedang berperkara.

jdih

 

Melalui Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), anda akan mengetahui tahapan, status dan riwayat perkara.

majalah

 

SIWAS adalah aplikasi pengaduan yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung Republik Indonesia.

majalah

 

Adalah layanan bagi Pengguna Terdaftar untuk Pendaftaran Perkara Secara Online.

Written by Super User on . Hits: 240

Jakarta | badilag.mahkamahagung.go.id.

Ketua Mahkamah Agung (MA) Dr. H. M. Syarifuddin, S.H., M.H, meresmikan ruang pelayanan terpadu satu pintu, PTSP online, Bank Data, Call Center dan Aplikasi Vision Ditjen Badilag, Selasa (28/7).

 

IMG 7112

Acara yang dilaksanakan di Gedung Sekretariat MA, lantai 6 ini turut dihadiri Wakil Ketua Mahkamah Agung RI Non Yudisial, seluruh Ketua Kamar Mahkamah Agung dan pejabat eselon I dan II MA serta diikuti oleh Ketua Pengadilan Tinggi Agama seluruh Indonesia melalui virtual dan live streaming. Peresmian ini ditandai dengan penekanan tombol virtual oleh Ketua MA.

H. M. Syarifuddin dalam sambutannya mengapresiasi diresmikannya ruang PTSP, PTSP online, call center, bank data dan aplikasi vision. H. M. Syarifuddin mengatakan apa yang dilakukan Ditjen Badilag ini adalah sebuah bukti bahwa dimana ada tantangan pasti ada kesempatan. “Walaupun ada tantangan yaitu pandemi covid-19 ini yang mengharuskan kita tidak bisa berkumpul dan menyentuh semua sektor kehidupan, tapi jika ada keinginan dan kerja keras, tidak menghalangi kita untuk membuat sebuah terobosan seperti yang dilakukan oleh Ditjen Badilag,” kata H.M. Syarifudin

H. M. Syarifuddin menaruh perhatian besar terhadap penggunaan IT yang dilakukan dengan baik. Ia berharapa agar IT dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh para pimpinan pengadilan, baik pengadilan tingkat banding maupun pengadilan tingkat pertama. “Karena dengan memanfaatkan IT dengan baik kita dapat memberikan pembinaan dan pelayan yang cepat dan kita juga dapat menyerap ilmu yang cepat dari pimpinan yang ada di Jakarta. Tetapi kalau kita tidak perhatian dengan IT maka kita dengan sendirinya akan tertinggal dan tergilas dengan kemajuan itu sendiri,” ujarnya.

IMG 7125

Ketua MA juga mengingatkan walaupun sarana IT sudah mendukung tapi petugas PTSP online juga harus melayani dengan baik dan harus ada setiap saat agar bisa memberikan pelayanan dan informasi yang dibutuhkan.”Walaupun sarana IT sudah baik tetapi petugas PTSP harus bisa melayani dengan baik dan cepat,”katanya.

Dalam kesempatan ini Dirjen Badilag Dr. Drs. Aco Nur, S.H, M.H, mempresentasikan tentang PTSP online, call center, bank data dan aplikasi vision.

Aco Nur mengatakan PTSP online ini dibangun untuk meningkatkan pelayanan kepada pengadilan agama dan masyarakat pencari keadilan. "Sejak diuji coba tanggal 13 April 2020 sampai tanggal 24 Juli 2020 PTSP online telah dikunjungi 3.186 pengunjung. PTSP online ini juga bisa diakses melalui website Ditjen Badilag,"katanya.

Sementara call center Ditjen Badilag didirikan untuk melayani internal dan eksternal. Layanan internal terdiri dari layanan kesekretariatan, layanan tenaga teknis dan administrasi peradilan. "Sedangkan untuk eksternal terdiri dari layanan informasi hukum, layanan konsultasi hukum dan layanan pengaduan," ujarnya.

Untuk bank data Aco Nur menjelaskan bahwa bank data merupakan kumpulan data yang dikelola oleh Ditjen Badilag dari sistim informasi pengadilan seperti SIPP, E-Court, SIKEP, E-Monev dan Smart. Fungsinya digunakan oleh pimpinan MA dalam hal monitoring kinerja peradilan agama dan sebagai sumber data bagi instansi lain atau mitra kerja badilag seperti peneliti, jurnalis, akademisi maupun mahasiswa.

Sedangkan Aplikasi vision kata Aco Nur Aco Nur yaitu aplikasi virtualisasi surat izin online. Aplikasi ini diciptakan untuk memberikan layanan perizinan yang menjadi kewenangan Ditjen Badilag. "Aplikasi ini menyelesaikan perizinan secara virtual dengan cepat, efektif dan efisien. Selama ini usul perizinan dari berbagai pengadilan di lingkungan peradilan agama memerlukan penyelesaian beberapa hari, namum dengan aplikasi ini dapat diselesaikan dalam tempo 1 hari kerja. Bagi perizinan internal yang tidak ada kaitannya dengan lembaga lain," jelas Aco Nur.

Aco Nur juga memaparkan tentang perkembangan website badilag, aplikasi gugatan mandiri, aplikasi validasi akta cerai, terobosan Ditjen Badilag dimasa pandemi covid-19. Usai meresmikan ruang PTSP, PTSP online, bank data, call center dan aplikasi, H. M. Syarifuddin berkesempatan meninjau ruang PTSP dan call center yang terdapat dilantai 8, Gedung Sekretariat MA.

(ABJ/RA)

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Soasio

Jl. Jenderal Ahmad Yani No. 10, Kelurahan Tomagoba, Kecamatan Tidore, Kota Tidore Kepulauan, Provinsi Maluku Utara

Tlp. 0921-3161025, Fax. 0921-3161141

Email :

This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Tim IT Pengadilan Agama Soasio © 2021